‎Jelang Jemerdekaan RI Lapas Kelas II A Kediri Ajukan 488 Narapidana Untuk Mendapatkan Remisi

oleh -16 views

KEDIRI – Menjelang pelaksaan Kemerdekan RI ke 74 Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Kediri Jawa Timur telah mengajukan sebanyak 488 jumlah narapidana untuk mendapatkan remisi dari Mentri Kehakiman melalui Direktorat Jendral Ke masyarakatan.

Menurut keterangan Kusmanto Eko Putra selaku Kalapas kelas II A Kediri, surat pengajuan remisi sudah dikirimkan ke Direktorat Jendral Ke Masyarakatan pada awal Bulan Juli lalu. Dari 488 jumlah Narapidana yang diajukan untuk mendapatkan remisi, terlebih dahulu harus memenuhi ketentuan.

Ketentuan yang dimaksud diantaranya, mereka terlebih dahulu harus menjalani masa hukuman di Lembaga Permasyarakatan minimal enam bulan kurungan dan berkelakuan baik selama di dalam.

” 488 nara pidana yang pasti syaratnya nmereka Pidananya, minimal enam bulan. Itu juga berkelakuan baik pastinya, dan tidak termasuk dalam tercantum PP nomer 99. Surat sudah kita kirimkan sejak awal bulan Juli lalu ” Ujarnya Jum,at (9/08/2019) Siang ditemui disela sela acara olah raga bersama petugas lapas di rumah dinas.

Diketahui dari 488 Narapidana yang telah diajukan untuk mendapatkan remisi, kebanyakan mereka ini pada umumnya terpaksa harus berurusan dengan aparat penegak hukum karena tersangkut kasus peredaran narkoba. Sementara sisanya terkait tindak pidana pencurian,perkelahian, pembunuhan dan perampokan.

” Paling banyak ditempat kita yang memang secara menonjol kalau dikelompokan ya narkoba sampai dua ratus sekian gitu. Lainya kasus pencurian, perampokan, perkelahian bahkan pembunuhan, segala macam, ” Pungkasnya.

Remisi yang diterima oleh para penghuni lapas bervariatif minimal biasanya potongan masa tahanan satu bulan dan maksimal enam bulan. Tidak hanya berharap mendapatkan remisi, mereka juga telah mengajukan pelepasan bersyarat.

” rata rata mulai dari satu bulan, sampai batas maksimum remisi enam bulan. Data terakhir 488 tetapi itu masih bisa berkurang, karena mereka yang kita usulkan remisi itu ada juga kita usulkan pelepasan bersyarat. Dengan demikian itu pasti berkurang,” kata Kusmanto.

Diketahui secara keseluruhan penghuni tahanan Lapas kelas II A Kediri Jawa Timur saat ini berjumlah 880 orang. Dari 880 jumlah penghuni lapas, hampir separuhnya telah mengajukan surat pengajuan remisi. Sementara satu narapidana lainya terkait kasus terorisme tidak mengajukan remisi.(pens)