Bulog Ditujuk Pemerintah Sebagai Penyedia Beras Untuk KPM-BPNT

oleh -25 views

TULUNGAGUNG – Melalui surat edaran Kementerian Sosial RI pada tanggal 25 Juli tahun 2019, bulog mendapat penugasan dari pemerintah bahwa bulog ditunjuk sebagai penyedia logistik untuk penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) alokasi mulai bulan September tahun 2019.

Mulai bulan September tahun 2019, untuk wilayah Bulog Sub Divre Tulungagung, yang membawahi Kabupaten Trenggalek, Tulungagung, Blitar/kota, Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah mendapatkan distribusi dari bulog melalui suplayer-suplayer yang sudah didata, kata Kabulog Sub Divre Tulungagung Krisna Murtiyanto.

“Suplayer menebus beras ke bulog dengan harga Rp 8.100 per kilo gram kemasan 50 kg, dan dipakcing ulang menjadi 10 kg dan dijual ke E-warung-warung yang sudah terdaftar dengan harga Rp 9.000 per kilo gram. Dan oleh E-warung beras tersebut dijual lagi ke KPM BPNT dengan harga Rp 9.450 per kilo gram,” ucap Krisna, Senin(16/9/2019).

Ia juga menjelaskan, untuk wilayah Tulungagung sendiri sudah sepakat dengan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), atau pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) yang dikordinir oleh kepala dinas masing-masing.

Adapun untuk telur sudah langsung ke E-warung atau suplayer yang telah ditunjuk. Untuk telur sendiri, karena suplayer yang sudah berjalan selama ini sudah bekerjasama dengan koperasi-koperasi telur yang ada di Kabupaten Tulungagung, dan Blitar. Yang notabene adalah sentra telur, jadi bulog sendiri tidak masuk kesana (Sentra telor) supaya mekanisme yang sudah ada tidak terganggu.

“Kalau harga, itu sudah ada Permendag RI Nomor 27 tahun 2016 bahwa yang mengatur harga eceran tertinggi, untuk beras medium diatur untuk wilayah jawa untuk eceran tertinggi sebesar Rp 9.450 per kilo gram, untuk beras premium tertinggi Rp 12.800 per kilo gramnya,”tegas Krisna.

Untuk BPNT yang sudah disalurkan di wilayah Tulungagung dan sekitarnya, rencananya sebanyak 1500 ton setiap bulan, dan yang sudah terlayani mencapai 50 persen atau 750 ton dari empat wilayah yang dilayani. (gus/fif/har).