Polsek Plosoklaten Gencar Simulasi Dan Ikrar Cegah Karhutla Di Perkebunan

oleh -18 views

SURYA RADIO KEDIRI – Petugas Polsek Plosoklaten menggelar acara kegiatan sosialisasi mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di perkebunan Simbar Desa Plosokidul Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri, Sabtu (21/9/2019).

Sosialisasi dilakukan dengan cara bertatap muka dengan warga setempat. Hadir dalam kegiatan tersebut dari pihak petugas perkebunan dan Muspika setempat.

Kapolsek Plosoklaten AKP Sudarsono mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk mengajak semua masyarakat mencegah adanya kebakaran.

“Kami gencarkan sosialisasi agar pemahaman dan kepedulian warga terhadap bahaya kebakaran hutan dan lahan serta bersama-sama melakukan antisipasi,”tutur AKP Sudarsono.

Dalam kegiatan tersebut petugas Polsek Plosoklaten juga memasang spanduk himbauan kebakaran hutan. Selain itu juga petugas bersama warga melakukan simulasi bagaimana cara memadamkan api dihutan.

Tanpa membawa air hanya menggunakan ranting daun basah petugas melakukan pemadaman api. Api dilahan tersebut disebabkan dari warga yang membuang putung rokok.

“Simulasi pemadaman ini untuk melakukan pencegahan bilamana warga mengetahui api yang masih kecil, ” jelas Kapolsek Plosoklaten.

AKP Sudarsono menjelaskan kepada warga bila melintas diaera lahan perkebunan bila membuang putung rokok agar dipastikan dalam tidak menyala.

Jangan sampai membuang putung rokok dalam kondisi menyala dan mengakibatkan kebakaran hutan. “Mari kita sayangi hutan kita. Mari kita sama-sama lestarikan hutan kita dan jangan sampai ada kebakaran hutan, ” ungkap AKP Sudarsono.

Dijelaskan AKP Sudarsono, kegiatan sosialisasi dilanjutkan simulasi dan dilanjutkan dengan ikrar mencegah kebakaran hutan dan lahan bentuk upaya menjaga kelestarian alam.

“Kami bersama TNI dan Polri serta semua elemen masyarakat akan terus menjaga kelestarian alam. Jangan sampai ada lagi kebakaran hutan, ” ujar Kapolsek Plosoklaten.(end)