Ribuan Warga Tanjung Berebut Ikan Di Sumber Gundi

oleh -33 views

SURYA RADIO KEDIRI – Ribuan warga Desa Tanjung Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, berbondong-bondong ke sumber gundi, Minggu siang (22/9/2019). Mereka datang ke sumber gundi untuk mengikuti acara grobyak Suro, berebut mencari ikan.

Dengan membawa alat tradisional seperti cundik dan, wuwu perangkap ikan warga sebelum acara dimulai sudah memadati area sumber gundi. Acara itupun diikuti oleh, bapak-bapak, ibu-ibu, pemuda dan anak kecil. Mereka berebut ikan segar di acara grobyak suro.

Setelah pihak desa melakukan ritual tumpengan di area sumber gundi acara grobyak Suro dimulai. Kepala Desa Tanjung, Don Vito Gusbaki menuturkan acara grobyak suro ini dilakukan satu tahun sekali tempatnya di bulan suro. “Setiap satu tahun diadakan acara grobyak suro. Dan ini sudah menjadi tradisi di desa kami,” tutur Kades Tanjung.

Vito mengatakan grobyak suro di wisata sumber gundi ini bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri dan Dinas Perikanan Kabupaten Kediri. Diharapkan acara ini semakin ramai disetiap tahunnya.

“Tentunya kita berharap akan semakin ramai setiap tahunnya. Saya berterimakasih kepada seluruh panitia yang sudah bekerja keras atas terselenggaranya acara grobyak suro, yang mana antusias warga ramai dan pengunjung juga ramai,” jelas Vito.

Sementara itu, Kolik warga Desa (35) kali ini merasa sangat senang. Karena tahun ini ia mendapat tangkapan ikan tombro yang sangat besar dengan berat 5 kilogram dan menerima hadiah uang Rp 50 ribu.

“Alhamdulillah saya dapat ikan besar ikan berat 5 kilogram. Saya tahun kemarin hanya dapat yang kecil, ” ungkap Kolik.(end)