Pasca Kerusuhan Wamena, 2 Warga Kabupaten Kediri Pulang Kampung

oleh -12 views

SURYA RADIO KEDIRI – Kantor Dinas Sosial Kabupaten Kediri menerima 2 pengungsi asal Kecamatan Mojo yang dipulangkan pasca Kerusuhan di Wamena Papua. Mereka diantar, dari Kantor Dinas Sosial menuju ke rumahnya Di Kecamatan Mojo.

Keduanya adalah Arif Makmun (30) serta Mustofa Alhamddani (25). Arif Makmun mengutarakan alasanya balik Ke Kediri karena suasana disana sudah tidak kondusif lagi. Kebanyakan warga pendatang yang ada di Wamena baik berasal dari Minang, mau pun Batak memilih untuk eksodus balik kampung karena ketakutan.

Menurutnya penyerangan terhadap warga pendatang berlangsung secara mendadak dan terkesan sporadis. ” Kita sebelumnya disana nggak mendengar demo atau bagaimana, pas kejadian langsung mendadak dan anarkis. Pertama yang dibakar kantor Pemda. Sebagian juga ada warga Wamena yang melindungi pendatang, ” Ujar Arif Makmun yang mengaku sudah bekerja disana sebagai karyawan toko klontong selama 5 tahun.

Arif Makmun mengaku selama tinggal beberapa tahun disana hubungan masyarakat pendatang dengan tetangga warga Pribumi selalu baik. Ia memperkirakan orang yang membuat rusuh tersebut adalah orang luar, bukan dari kalangan tetangga sekitar.

Saat kerusuhan meletus, toko klontong dimana tempatnya bekerja tidak sampai dibakar oleh massa. Karena semua pendatang yang tinggal, selalu kompak menjaga diri dilingkugan masing masing.

” Habis itu jaga bersama sesama pendatang satu pasar kompak. Makanya kemarin satu pasar tidak sampai terbakar, padahal dikanan kiri daerah lain sudah dibakar, ” Akunya.

Pasca penyerangan berlangsung, Ia bersama warga pendatang lainya sempat mengungsi ke Polres terdekat.
Mereka menempuh perjalanan pulang, selama enam hari. Dari Wamena menuju ke Jaya Pura menggunakan jalur udara. Sesampainya di Jaya Pura, lalu menempuh perjalanan menggunakan jalur laut naik kapal menuju ke Tanjung Perak Surabaya.

Arif Makmun dan saudaranya Mustofa Alhamdani tinggal secara terpisah di jalan JB Wenas dan Jalan Irian Jaya. Mereka bekerja ditoko klontong milik Haji Mustofa seorang pengusaha asal Kecamatan Ngeronggot Nganjuk Jawa Timur. Ketika ditanya, ada niatan untuk balik kembali bekerja disana, jika situasi Wamena sudah dalam kondisi kondusif. Arif Makmun lebih mempertimbangkan untuk berpikir lebih dulu.

Sementara itu, Suharsono selaku Pelaksana Tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kediri menjelaskan, pasca kerusuhan Wamena beberapa waktu lalu pihaknya secara intensif menjalin komunikasi dengan Dinsos Provinsi Jawa Timur . Dari situ, diketahui jika ada dua warga Kabupaten Kediri yang pulang dari Wamena.

” Allhamdulilah sudah kita jemput di Surabaya, dan hari ini nyampek di Kediri. Insyah Allah sudah kita antar ke rumah, tempat tinggal mereka,” Pungkasnya. Ditambahkan Suharsono informasi yang berkembang disana menyebutkan, jika sampai sekarang gelombang pengungsi masih terus berlangsung dan pihaknya menunggu perkembangan lebih lanjut.(nar/wings)