BPBD Tulungagung Salurkan Bantuan Air Bersih di 5 Kecamatan

oleh -20 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Musim kemarau panjang yang melanda Kabupaten Tulungagung mengakibatkan sulitnya mendapatkan air bersih. Pasalnya, sumber mata air banyak yang mengalami kekeringan.

Menanggapai hal tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung menyalurkan bantuan air bersih ke beberapa desa di wilayah terdampak kekeringan.

“Ada sembilan desa yang mengalami kekeringan yang membutuhkan bantuan air bersih. Setiap hari 4-5 desa yang kami bantu secara bergantian,” ucap Kepala BPBD Tulungagung, Suroto, Rabu (9/10/2019).

Suroto menjelaskan, ke sembilan desa di lima Kecamatan tersebut rutin mendapatkan bantuan air bersih dari BPBD. Adapun ke lima Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Besuki, Tanggunggunung, Kalidawir, Pucanglaban dan Rejotangan.

Penyaluran diberikan setelah BPBD menerima permintaan langsung dari masing-masing pemerintah desa terdampak, dengan kondisi kekeringan bervariasi.

“Ada yang mendapat pasokan antara 1-2 tangki, tergantung kebutuhan dan kemampuan. Kalau total sehari rata-rata suplai kami sekitar 6-7 tangki dengan skema distribusi bergilir,” jelasnya.

Suroto menyampaian , suplai air bersih akan terus dilakukan sampai status bencana kekeringan dicabut dan sumber-sumber mata air kembali mengalir.

“Diperkirakan kemarau masih akan terjadi antara akhir Oktober tahun 2019 hingga awal November tahun 2019,” terangnya.

Ia melanjutkan, bencana kekeringan dan krisis air bersih saat ini ditengarai kian meluas. Tak hanya melanda sembilan desa di lima kecamatan yang telah diidentifikasi oleh BPBD, namun juga terjadi di banyak desa lain akibat menurunnya debit air bawah tanah.

Warga yang mampu masih bisa menyiasati kondisi krisis ini dengan membeli air ke pedagang atau pengecer air bersih yang dijual komersil dengan harga senilai Rp15 ribu per 15 liter. pungaksnya.

Namun hal ini tidak berlaku bagi sebagian besar warga desa yang hidup di bawah garis sejahtera, sehingga tak mampu membeli air bersih untuk kebutuhan konsumsi dan MCK yang sehari bisa menghabiskan air dengan volume memcapai puluhan hingga ratusan liter. (gus/fif/har).