Disperindag Tulungagung Buat Pasar Darurat Pasca Terbakarnya Pasar Ngunut

oleh -18 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Pasca terbakarnya pasar Ngunut Sabtu dini hari kemarin (8/11), nasib para pedagang kini masih belum menentu. Pasalnya, tempat mereka mengais rejeki tidak memungkinkan untuk berjualan karena kondisi lapak mereka sudah habis dilalap sijago merah.

Melihat kondisi tersebut, Pemkab. Tulungagung melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Tulungagung, berupaya melakukan pemindahan atau relokasi di pasar hewan terpadu di Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol, ucap Kepala Disperindag Tulungagung, Imroatul Mufidah, Senin (11/11/2019).

“Untuk sementara, rencananya para pedagang akan kami pindahkan atau buatkan los atau lapak dilokasi pasar hewan terpadu di Desa Sumberdadi Kecamatan Sumbergempol,” terang Mufidah.

Ia menyampaikan, mengingat kondisi pasar hewan terbuka, nantinya akan dibuatkan penutup sementara atau darurat. Adapun pasar hewan akan dipindahkan di pasar hewan Beji Kecamatan Boyolangu.

Untuk bantuan permodalan para pedagang yang terdampak, mereka meminta bantuan berkisar antara 5 hingga 25 juta rupiah.

“Pihak Pemkab. Tulungagung memfasilitasi dan mencarikan mitra kerja, seperti koperasi dan bank, dengan jaminan lunak, kalau bisa tanpa agunan,” tegas Kadisperindag Tulungagung Imroatul Mufidah. (gus/fif/har).