Pembangunan Pasar Sementara Ditargetkan Satu Bulan Harus Selesai

oleh -43 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Pasca terbakarnya pasar Ngunut beberapa waktu yang lalu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengumpulkan beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk membahas relokasi atau membangun pasar darurat untuk para pedagang yang terdampak kebakaran, Senin (11/11/2019).

“Sudah dirapatkan oleh Bupati Tulungagung Maryoto Birowo, dan sudah ditangani langsung olehnya bersama kepala OPD terkait. Karena kita semua ini satu tim, bukan hanya Disperindag saja, kita punya tugas sendiri-sendiri, ada Dinas PUPR, BPKAD, Satpol PP, BPBD, Bappeda dan sebagainya. Dan diperkirakan harus selesai dalam waktu satu bulan,” ungkap Kadis Perindag Tulungagung Imroatul Mufidah, Senin (11/11/2019).

Ia mengungkapkan, rencana pemindahan serta pembangunan lapak darurat di lokasi pasar sapi Ngunut dalam waktu dekat ini.

Lebih lanjut, Kadin Perindag Imroatul Mufidah menjelaskan saat mengunjungi lokasi pemindahan pasar, ada sekitar 522 orang pedagang kios yang terdampak kebakaran. Dan Disperindag Tulungagung masih menginventarisir untuk di data dan nantinya akan diberikan santunan. Pedagang apapun nominalnya sama rata, dan saat ini masih dihitung oleh Pemda.

“Sebanyak 522 orang pedagang terdampak kebakaran, kemudian kami data, nantinya akan diberi santunan oleh Pemkab Tulungagung,” Jelasnya.

Imroatul Mufidah mengungkapkan, selain pembangunan lapak non permanen, rencananya Pemkab. Tulungagung juga membangun fasilitas umum, seperti MCK, musola serta fasilitas penunjang lainya.

Saat ini Pemkab. Tulungagung masih menghitung total kerugian akibat kebakaran di pasar Ngunut tersebut, dan nantinya Pemkab. Tulungagung juga mengajukan bantuan permodalan kepada pihak bank. (gus/fif/har).