Dinas Pertanian Kabupaten Kediri Maksimalkan Produksi Pangan Agar Ketersediaan Pangan Tercukupi

oleh -6 views

SURYA RADIO KEDIRI – Dinas Pertanian Kabupaten Kediri terus berupaya maksimal agar para petani di wilayahnya memproduksi pangan secara besar besaran dan terus menerus, agar ketersediaan pangan selalu tercukupi. Berbgai langkah dilakukan, meski tantangannya cukup besar. Tanganan justru faktor ketersediaan lahan yang terus menyempit.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kediri Anang Widodo, menyatakan bahwa semakin tahun, semakin bertambah pula jumlah populasi di suatu wilayah. “Ketika masyarakat membutuhkan pangan untuk hidup namun ketersediaan tidak mencukupi, maka harga pangan akan meninggi,” terangnya.

Ketidakstabilan harga ini akan memengaruhi harga barang pangan pendukung lainnya.Untuk mencegah kekurangan pangan serta menjaga kestabilan harga produk, kita membutuhkan peran yang mampu produksi pangan itu sendiri yaitu petani.

Menurutnya, petani merupakan salah satu orang yang sangat berpengaruh dalam suatu wilayah atau negara.“Bayangkan saja apabla tidak ada petani, bagaimana kita bisa mencukupi pangan ? Maka dari itu kita harus mendukung dan mendorong petani untuk lebih maju dan lebih sejahtera agar petani lebih bersemangat untuk bercocok tanam,” pinta Anang.

Tantangan petani di masa kini adalah berkurangnya lahan pertanian. Banyaknya populasi mengharuskan alih fungsi lahan pertanian menjadi permukiman. Kondisi ini menjadikan petani harus lebih kreatif dan inovatif dalam bertani. Lahan yang semakin berkurang harus memberikan hasil yang lebih tinggi.

Selain itu, kurangnya ketertarikan pemuda terhadap pertanian juga menambah tantangan tersendiri. Banyaknya pemuda yang lebih tertarik di bidang industri menjadikan generasi penerus sebagai petani semakin berkurang. Pekerjaan sebagai petani seolah – olah sebagai pekerjaan yang kecil dan kurang bergengsi.

Menanggapi fenomena-fenomena yang terjadi sekarang ini, menjadikan pemerintah harus berupaya meningkatkan citra petani di Indonesia. Dengan semangat kepahlawanan, ayo kita junjung petani Indonesia. Petani adalah pahlawan bangsa. Tanpa petani kita tidak bisa hidup sejahtera. (nar/wing/Kominfo)