Paket Desa Wisata Sumber Podang, Tawarkan Wisata Kehidupan Masyarakat Desa

oleh -7 views

SURYA RADIO KEDIRI – Sumber Podang adalah obyek wisata alam yang terletak di Dusun Karangnongko, Desa Joho, Kecamatan Semen, Kabupaten Kediri. Akses menuju obyek wisata tersebut sangatlah mudah. Dari alun – alun kota Kediri, Anda tinggal berkendara ke arah barat sekitar 30 menit atau 20 km

Sumber Podang memiliki potensi alam yang luar biasa. Pasokan air yang berlimpah dengan adanya Embung Joho dan sungai membuat wilayah tersebut subur dan hijau. Udaranya yang sejuk dengan banyaknya pepohonan membuat pengunjung betah untuk berlama-lama di sana.

Sumber Podang sangat cocok untuk Anda yang ingin melepaskan penat dari kebisingan perkotaan dan mencari ketenangan hidup di alam pedesaan. Wisata alam yang bisa Anda nikmati antara lain tracking menuju Embung Joho, berenang menikmati kesegaran air pegunungan, menikmati keindahan taman bunga kelir dan river tubing atau menyusuri sungai dengan ban.

Selain potensi alam tersebut, di Sumber Podang terdapat pula kekayaan budaya, sejarah dan edukasi. Wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi yaitu Candi Gangsang dan Musholla Syech Bela Belo. Sementara untuk wisata edukasi, Anda bisa belajar beternak lebah madu, belajar kerajinan anyaman bambu dan janur, belajar memasak nasi goreng tiwul dan belajar bercocok tanam sayur.

Sumber Podang juga menawarkan wisata outbond dengan paket yang sangat murah, mulai dari Rp. 50.000 per orang, Anda bisa menikmati flying fox, river tubing, spider net, ice breaker dan masih banyak permainan outbond yang lain.

Jika Anda terasa lapar, Anda tidak usah bingung dan kembali ke kota untuk membeli makanan karena di Sumber Podang telah tersedia kafe untuk wisata kuliner. Kafe – Kafe di Sumber Podang berbeda dengan kafe – kafe yang biasa Anda jumpai di perkotaan. Kafe – Kafe di Sumber Podang menyediakan makanan khas masyarakat desa seperti nasi goreng tiwul, tahu dan nasi ampok.

Musik Lesung, musik bambu dan Jaranan adalah wisata budaya yang ditawarkan oleh Sumber Podang. Ditambah dengan keramahan masyarakat desa akan membuat nuansa baru dalam kehidupan Anda.

Paket desa wisata yang ditawarkan oleh Sumber Podang adalah wisata kehidupan masyarakat desa, Anda akan diajak untuk merasakan hidup menjadi orang desa. Jika Anda terbiasa hidup nikmat di kota dengan segala fasilitas seperti Mobil, AC, kulkas, pemanas air, pekerjaan yang mudah dengan gaji besar, maka di Sumber Podang anda tidak akan menjumpai semua itu.

Anda akan diajak hidup menjadi orang desa yang harus mencangkul di sawah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Diharapkan dari paket wisata ini, Anda akan menjadi orang yang lebih bersyukur dengan kehidupan yang Anda miliki dan semakin bersemangat saat kembali usai liburan di Sumber Podang.

Kesadaran atas potensi besar tersebut yang menjadi latar belakang masyarakat dan Tokoh setempat untuk memperjuangkan Desa Joho menjadi desa wisata Sumber Podang, saat ini di Desa joho telah terbentuk kelompok sadar wisata yang menghimpun masyarakat yang memiliki kesadaran dan kemauan untuk mengolah dan mengembangkan Desa Joho menjadi desa tujuan wisata. Kelompok sadar wisata tersebut dinamakan “Sumber Podang”.(nar/wing/Kominfo)