Peringati Harkanas Bupati Kediri Apresiasi Bazar Ikan

oleh -6 views

SURYA RADIO KEDIRI – Dinas Perikanan Kabupaten Kediri menggelar bazar kuliner dan ikan segar. Kegiatan tersebut dalam rangka memperingati Hari Ikan Nasional (Harkanas) ke 5 yang diperingati setiap tanggal 21 November.

Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno memberikan apresiasi bazar ikan dengan melakukan peninjuan ke lokasi dimana bazar ikan segar digelar di halaman Dinas Perikanan Kabupaten Kediri, jalan Pamenang no 40, Dusun Katang, Desa Sukorejo, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Rabu (20/11/2019).

Tampak Bupati Kediri yang didampingi oleh Plt Kepala Dinas Perikanan berkeliling dari satu stand ke stand dimana tempat jualan kelompok dan pengolah ikan yang mengikuti Bazar ikan. Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno juga memborong berbagai olahan masakan menu ikan segar air tawar serta terlihat mencicipi olahan sate ikan lele.

Selain itu, Bupati Kediri Hj. Haryanti Sutrisno juga menyempatkan diri berpoto bersama dengan para kelompok dan pengolah ikan yang mengikuti Bazar ikan.

Plt Kepala Dinas Perikanan Kab Kediri, Nur Hafidz, SPt. MM menjelaskan, tujuan kita itu adalah untuk mengenalkan, bahwa perikanan itu yang pertama bisa membantu masyarakat untuk meningkatkan kualitas SDM nya. Dan yang kedua itu adalah untuk membantu mengatasi dan mencegah stanting serta untuk membantu perekonomian.

“Jadi untuk tahun 2018 produksi kita itu mencapai 18ribu ton per tahun, itu ada ikan lele, ikan nila dan ikan gurame. Yang paling banyak itu ikan lele 14ribu ton. Pada tahun ini kami targetkan produksi kita itu mencapai 20 ribu ton untuk tahun 2019. Yang eksport itu juga ada seperti ikan hias cupang, ke negara India juga ke Abudabi, “ujarnya.

Nur Hafidz juga menambahkan, Bazar ikan ini kita gelar setiap satu bulan sekali, dimaksudkan untuk memberi ruang kepada para kelompok dan pengolah ikan.(nar/wing/Kominfo)