Semangat Silaturahim, Eratkan Persatuan Antar Anggota PIPAS Jatim

oleh -279 views

Kediri – Pemda Kabupaten Kediri, Korwil Kediri berkesempatan menjadi tuan rumah dalam acara pertemuan paguyuban ibu-ibu Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur (PIPAS Jawa Timur). Kepala Korwil Kediri, Kusmanto Eko Putro yang merupakan kepala Lapas Klas II Kediri menyampaikan bahwa pertemuan ini dihadiri oleh pelindung, ketua, pengurus dan juga anggota Pipas se Jawa Timur. Pipas kali ini bertema “Dengan Semangat Pipas, Kita Tingkatkan Silaturahim dan Tumbuhkan Semangat Bersatu Keluarga Pipas Jawa Timur.”

Selain acara Pipas yang diselenggarakan oleh ibu-ibu, di tempat terpisah, para suami menyelenggarakan pertandingan persahabatan seperti tenis lapangan dan juga balap motor. Selain bertujuan sebagai penyaluran hobby, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk olahraga, refreshing dan juga menambah kekompakan bapak-bapak dari beberapa UPT Pemasyarakatan di Jawa Timur.

Acara pertemuan yang diselenggarakan setiap empat bulan sekali tersebut dimulai pukul 09.00 WIB, dengan serangkain acara yang telah dipersiapkan. Sebagai tuan rumah (ketua panitia penyelenggara) Yuyun Nurliana istri Ka. Korwil Kediri, yang juga menjabat sebagai kepala Bapas Klas II Kediri memberikan kata sambutan. Dalam sambutannya Yuyun menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh tamu yang telah menyempatkan waktu dan tenaganya untuk dapat hadir dalam acara tersebut demi tetap terjalin erat silaturahim diantara anggota PIPAS Jawa timur.

“Kegiatan organisasi pendamping suami ini dapat memberikan sebuah kontribusi yang bernilai guna dalam kehidupan keseharian para anggota PIPAS, serta dapat menumbuhkan motivasi untuk para suami yang sedang mengemban tugas mulianya” Ujar ketua dharma wanita persatuan Lapas Kediri.

Kegiatan Pipas kali ini juga di hadiri oleh pelindung Pipas Jawa Timur (Ka. Kanwil Jawa Timur, Ibu Susi Susilawati) yang berkenan memberikan pengarahan mengenai beberapa hal tentang tugas dan fungsi petugas pemasyarakatan. Dalam kesempatan ini juga tidak lupa Ibu Susi mengajak seluruh anggota PIPAS Jawa Timur untuk selalu menjadi istri-istri yang bersyukur dan selalu menjadi pendukung bagi para suami, sehingga suami akan lebih bersemangat dalam melaksanakan pekerjaannya dan akan menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai petugas pemasyarakatan dengan baik.

Acara dilanjutkan dengan laporan pengurus, perkenalan anggota baru dan sambutan ketua Pipas Jawa Timur, ibu Rahayu Krismono. Karena masih bernuansa Syawal, pihak panitia menghadirkan ustad Misdi Nur Hasan untuk memberikan tauziah yang bertema Pentingnya silaturahim dan peran istri sholeha dalam rumah tangga.

“Seorang istri adalah wakil dari suami dalam keluarga, maka dari itu meskipun hal ini terkadang tidak mudah untuk dijalani, seorang istri harus tetap memiliki kesabaran dalam mendukung sang suami.” Nasehat Ustad Misdi Nur Hasan Kepada Hadiri. Menurutnya pepatah juga mengatakan Di balik kesuksesan seorang suami, pasti ada istri-istri hebat di belakangnya. (*)