KPK Geledah 5 Rumah Pejabat dan Pihak Swasta di Tulungagung

oleh -258 views

Tulungagung – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa sejumlah aparatur sipil negara (ASN) lingkup kabupaten Tulunggung. Hal itu ditandai dengan kembalnya 17 personil KPK di kabupaten Tulungagung kamis sore (5/6/2018).

“Kemarin sore selepas ashar atau sekitar pukul 16.30 WIB, rombongan KPK kembali ke Jakarta”, jelas Kapolres Tulungaagung AKBP Tofik Sukendar disela-sela giat jalan sehat dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke 72 tahun 2018 dihalaman Mapolres Tulunggung,jum’at (6/7/2018).

Praktis, aktifitas pemeriksaan di Mapolres Tulungagung oleh KPK tidak ada seperti seminggu terakhir. Pemeriksan yang dilakukan oleh KPK sendiri dimulai sejak hari jum’at (29/6) hingga kamis (5/6/2018).

Ketika ditanya tentang hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh KPK, AKBP Tofik Sukendar mengaku tidak tahu. Karena dirinya hanya dimintai bantuan untuk menyediakan tempat pemeriksaaan dan penjagaan selama KPK di Tulungagung.

“Kita hanya diminta menyediakan tempat pemeriksan atau pengamanan selama KPK berada di kabupaten Tulungagung”, ungkapnya.

Namun dirinya mengatakan ada beberapa dokumen yang dibawa oleh KPK dalam pemeriksaan dan penggeledahan di beberapa tempat di wilayah tulungagung.

“Ada beberapa dokumen yang dibawa, akan tetapi saya tidak tahu dokumen apa”, ujarnya kepada awak media.

Selama di kabupaten Tulungagung, KPK juga melakukan penggeledahan di 5 rumah pejabat maupun pihak swasta yang terkait dengan kasus dugaan suap peningkatan insfrastruktur jalan di kabupaten Tulungagung.

Tidak hanya rumah kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) saja yang digeledah, KPK juga memeriksa rumah kepala bidang (kabid) Bina Marga dan Jalan pada Dinas PUPR, hasilnya diamankan sejumlah amplop yang berisikan uang tunai.

Sekretaris daerah (Sekda) kabupaten Tulungagung Indera Fauzi pun juga tidak luput dari pemeriksaan KPK. Selain itu, kepala bagian (Kabag) pembangunan  Samroatul Fuad dan koordinator Unit Layanan Pembangunan, Oki Sakti Nugraha juga diperiksa. (gus)