Bekas Pabrik Rokok Retjo Pentung Terbakar

oleh -695 views

Tulungagung –Bekas pabrik rokok retjo pentung yang berada di Jalan Mayor Sujadi Timur nomer 7C, Kelurahan Jepun Rt.2 Rw. 5 terbakar, Jumat siang, (27/7).
Diduga, kebakaran berawal dari salah satu karyawan yang sedang melakukan pengelasan. Percikan api dari las itu jatuh ke atas tumpukan peredam yang terbuat dari styro foam yang mengakibatkan.“Berawal dari pekerja yang sedang melakukan pengelasan, percikan apinya tertiup angin dan mengenai tumpukan styro foam,” ujar Kabid Damkar pada Satpol PP Tulungagung, Rakidi saat diwawancarai oleh awak media di tempat kejadian.

Kebakaran yang sempat membuat panik warga sekitar lantaran berada di lingkungan padat penduduk, hingga akhirnya api bisa dikendalikan oleh petugas pemadam kebakaran pada sekitar pukul 11.30 WIB.
“Kita mendapat laporan pada 11.00 dan pada pukul 11.30 api sudah bisa kita padamkan,” tuturnya lebih lanjut.

Untung, tidak ada korban jiwa dalam kejadin itu. Meski demikian sejumlah kayu bangunan ikut terbakar lantaran berada di dekat tumpukan styro foam yang terbakar. “Tidak ada korban jiwa, hingga saat ini kerugian masih belum di hitumg,” tandas Rakidi.

2 unit mobil pemadam kebakaran dan 2 unit mobil suplai air dikerahkan untuk mengendalian amukan si jago merah. Sementara itu, pengawas proyek pembangunan eks pabrik rokok retjo pentung, Daud saat dimintai konfirmasi oleh awak media, membenarkan apa yang dikatakan oleh Rakidi. Kebakaran memang dipicu oleh salah seorang pekerjanya yang melakukan pengelasan di lantai 2. Percikan api dari las jatuh ke atas tumpukan peredam yang terbuat dari styro foam hingga memicu kebakaran.

Saat ditanya apakah ada keteledoran dari pegawainya, Daud mengelak tuduhan itu. Pasalnya api dari las yang dilakukan oleh pekerjanya biasanya jatuh langsung kebawah. Menurutnya hal itu lebih diakibatkan oleh kencangnya angin yang menerpa percikan las.
“Kalau dibilang teledor sih nggak, biasanya api las langsung jatuh kebawah namun karena anginya luar biasa, langsung terbang (percikan api las),”terangnya lebih lanjut.

Selanjutnya dirinya akan segera membersihkan tumpukan styro foam dari tempat kerja. Pihaknya juga akan memberikan arahan kepada pekerjanya agar lebih hati-hati dalam bekerja. Selain itu, saat dilakukan pengerjaan pengelasan di lantai 2, akan ada pekerja yang bertugas mengawasi jatuhnya api las.

“Kita bersihkan styrofoamnya, kita briefing pekerja agar tidak seperti itu lagi, kalau ada yang ngelas diatas harus ada 1 yang jaga dibawah,” Tandasnya.(gus)