Meski Ditahan KPK, Syahri Mulyo Tetap akan Dilantik Menjadi Bupati Tulunggaung

oleh -246 views

Tulungagung – Rapat pleno penetapan calon bupati dan wakil bupati Tulungagung terpilih dalam pemilihan bupati dan wakilnya tahun 2018 sudah dilaksanakan pada Selasa (24/07) kemarin, selanjutnya SK penetapan yang telah ditandatangani komisioner KPU diserahkan kepada DPRD Tulungagung.
Sesuai dengan aturan yang ada, DPRD bakal melakukan rapat paripurna pengesahan penetapan bupati dan wakil bupati terpilih hasil pemilu tahun 2018 untuk dilantik oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kendati saat ini bupati terpilih Syahri Mulyo masih ditahan oleh KPK namun kondisi tersebut tidak akan mempengaruhi pelantikan, hal ini diakui oleh ketua KPU Tulungagung, Suprihno.
Suprihno mengatakan, saat ini pihaknya tinggal menunggu penetapan oleh DPRD melalui rapat paripurna penetapan, selanjutnya bupati terpilh Syahri Mulyo dan wakil bupati terpilih Maryoto Bhirowo akan dilantik oleh Kementrian Dalam Negeri.

“Pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih merupakan wewenang Kemendagri, SK penetapan sudah kami serahkan ke DPRD Tulungagung tinggal menunggu rapat paripurna pengesahannya,” Ujar Suprihno.

Berdasarkan informasi yang diterima oleh KPU Tulungagung, pelantikan bupati terpilih Syahri Mulyo dan wakil bupati terpilih Maryoto Bhirowo akan dilaksanakan pada 20 September mendatang, namun untuk tempat pelantikan merupakan wewenang Kementrian Dalam Negeri.

“Pelantikan bupati terpilih untuk kabupaten Tulunggaung masuk gelombang satu, tanggal 20 september mendatang” Lanjutnya.

Lebih lanjut Suprihno menjelaskan, usai pelantikan seperti apa bukan lagi wewenangnya sebagai penyelenggara pemilu yang hanya berwenang untuk menyelenggarakan pemilu.
Sementara itu ditemui terpisah, wakil bupati terpilih Maryoto Bhirowo mengaku masih fokus mempersiapkan pelantikan dan enggan berbicara soal setelah pelantikan, pihaknya hanya menjanjikan usai pelantikan semua program Sahto akan tetap dilanjutkan.

“Kami fokus dulu ke hasil dan memastikan semua program program sahto akan dilakukan usai pelantikan,” Pungkansya.(gus)