Pembangunan Pasar Ngunut Ditargetkan Harus Selesai Tahun 2020

oleh -32 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Pembangunan pasar Ngunut yang terbakar pada akhir 2019 lalu ditargetkan selesai pada tahun 2020 ini.

Proses rencananya pembangunan akan dilakukan pada awal tahun 2020. Desain pasar yang baru pun sudah dikirimkan ke Provinsi Jawa Timur untuk mendapat persetujuan.

Asrori, Ketua Komisi C DPRD Tulungagung membenarkan perihal desain pasar baru Ngunut itu.

“Desain (pasar) sudah dikirimkan ke Provinsi Jatim untuk mendapatkan persetujuan. Namun ada beberapa hal yang perlu di detailkan lagi,” ujar Asrori, Rabu (8/1/20).

Legislator asal Partai Golkar itu berharap pembangunan pasar Ngunut yang baru bisa segera diselesaikan. Agar pedagang yang terdampak bisa segera melakukan aktivitasnya (Berdagang) seperti sedia kala.

“Akhir tahun 2020, pasar baru itu harus sudah selesai dibangun,” ujar Asrori.

Pasar baru nantinya diharapkan disesuaikan dengan kondisi yang ada. Pihaknya akan terus mengawasi pembangunan pasar Ngunut tersebut.

Disinggung tentang desain pasar baru nanti, dia menegaskan asalkan tidak meninggalkan konsep pasar kerakyatan.

“Desainnya modern, namun konsep pasar rakyatnya harus tetap ada,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung, Imroatul Mufidah menjelaskan, desain tersebut saat ini masih bersifat gambar kasar.

Desain pasar yang diajukan merujuk pada Permendag nomer 2/2019 tentang Pedoman Pembangunan dan Pengelolaan Sarana Perdagangan.

“Konsep pasar rakyat nanti sesuai dengan Permendag,” kata Kadin Disperindag Imroatul Mufidah, Rabu (8/1/2020).

Dia juga menjelaskan, detail pasar Ngunut tersebut nantinya, dalam DED yang saat ini masih diproses di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Pemkab Tulungagung. Dirinya berharap agar desain pasar tradisional tersebut bisa segera selesai dan juga bangunan fisiknya agar segera ditempati.

“Minggu depan (selesai),” pungkas Imroatul. (gus/FIF/har).