Buaya Muara Masih Berkeliaran, BPBD Lakukan Upaya Penangkapan

oleh -15 views

SURYA RADIO KEDIRI – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri dan sejumlah relawan hingga sampai sekarang masih terus melakukan pencarian keberadaan buaya muara.

Pencarian dilakukan mengingat buaya yang diperkirakan berusia 2 tahun dan panjang setengah meter tersebut sering menampakan diri, berpindah tempat disepanjang tepi sungai Brantas diKelurahan Ringan Anom, Kecamatan Kota Kediri Jawa Timur.

Karena itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri telah mengambil upaya antisipasi, agar tidak membahayakan keselamatan orang lain. Upaya antisipasi yang dilakukan yakni pemasangan spanduk berisi peringatan.

Spanduk peringatan tersebut bertuliskan awas ada buaya muara hati hati dan waspada.Spanduk himbauan ini dipasang disekitaran lokasi kemunculan buaya pertama kali beberapa waktu lalu .

Adi Sutrisno Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Kediri mengatakan, jika pihaknya memasang spanduk atau bener peringatan agar warga yang beraktivitas disekitar lokasi untuk siaga dan waspada karena buaya muara masih belum tertangkap serta berkeliaran disekitar lokasi.

Selain pemasangan spanduk bertuliskan peringatan , pihak BPBD Kota Kediri dibantu relawan juga melakukan upaya penangkapan dengan membuat perantiap di 5 titik disekitaran lokasi.

‘Karena tadi malam buaya itu juga muncul di lokasi 6 Meter dari penemuan awal. Ada dugaan dugaan buaya ini lebih dari satu. Untuk membuktikan dugaan itu, maka satu buaya harus tertangkap lebih dulu. Ketika muncul buaya lagi berarti mereka ini berkoloni,” Ungkap Adi Sutrisno

Pembuatan perangkap ini menggunakan umpan kepala daging ayam. Kepala ayam ini diikat sebuah tali yang sangat kuat untuk dikaitkan di ranting pohon. Perangkap yang dibuat ini bukan dimaksudkan untuk menyakiti melainkan hanya bersifat untuk menahan sementara buaya tersebut agar tidak berpindah tempat.

Perangkap ini dibuat ditempatkan di 5 titik. Berselang beberapa jam kemudian, ternyata yang ditunggu akhirnya muncul. Buaya muara terlihat berenang dengan penampakan bagian kepalanya saja. Ketika akan memangsa umpan kepala ayam, buaya muara kabur setelah mendengar teriakan salah seorang warga yang bermaksud memberitahukn kejadian ini.(jhn)