Mengantisipasi Terjangkit Virus Corona, Ini Cara Pencegahannya

oleh -63 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Untuk mengetahui secara detail virus Corona yang sekarang ini lagi viral, dan bagaimana pencegahannya, RSUD dr. Iskak Tulungagung mengupas
tentang virus yang mematikan ini.

dr. Rendra Bramanti SpMK, RSUD dr. Iskak Tulungagung mengatakan, kalau secara mikro, virus Corona yang sakarang ini yang lagi viral, adalah virus jenis golongan baru menurut
WHO.

“Virus Corona ini sebenarnya banyak dan yang tercatat di WHO adalah golongan baru atau mutasi baru,” jelas Rendra, Sabtu (8/2/2020).

Menurut Rendra, Vius Corona ini memang menyerang saluran napas. Jadi, semua pasien yang
diduga terjangkit vinus Corona ini dengan ganguan di saluran pernapasan. memang dia bekerja menyerang atau merusak saluran pernapasan.

“Tergantung kondisi orang yang terkensa virus tersebut. Untuk pasien-pasien yang daya tahan tubuhnya jelek, seperti pasien yang terkena kencing manis, usia lanjut, atau dengan gizi yang buruk, maka otomatis dengan hitungan hari atau minggu dia cepat terjangkit,” terangnya.

Adapun cara pancegahannya adalah menjaga kebersihan diri, seperti cuci tangan dengan sabun, atau lainnya dan etika batuk. Untuk penularannya dari manusia ke manusia baru pertama kali ini. Awal diketahui, virus Corona ini diketahui virus Zoonosis. Jadi memang virus pada binatang.

“Untuk tingkat kematian, tergantung pada kondisi orang tersebut. Kalau kondisinya jelek, kemudian virusnya berkembang biaknya cepat, maka tingkat kematiannya tinggi,” lanjutnya.

Menurut Kemenkes, virus Corona ini, kalau pasien dengan gejala panas, susah menelan, dan ada riwayat kontak atau pulang dari negara yang memang terpapar virus Corona, maka dengan jangka waktu dua Minggu, diharapkan melaporkan ke faskes atau puskesmas terdekat. Dan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak faskes dan puskesmas.(gus/fif/har/tif).