Satu Orang Pasien Rujukan Dari RS Kediri Diduga Terjangkit Virus Corona

oleh -35 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Satu orang pasien diduga terjangkit virus Corona asal Kediri kini tengah dirawat di RSUD dr.Iskak Tulungagung. Pasien tersebut merupakan pasien rujukan dari rumah sakit swasta di Kediri.

Awalnya, pasien menderita batuk, panas, serta sesak nafas setelah pulang dari Negara Korea Selatan untuk menjenguk cucunya.

“Direktur RSUD dr. Iskak Tulungagung, dr. Supriyanto S.PB mengatakan, rumah sakit dr. Iskak siap merawat pasien dengan segala macam penyakit termasuk pasien yang mengalamai atau terindikasi virus Corona,” terang Direktur RSUD dr. Iskak Supriyanto, Sabtu (8/2/2020).

Karena Rumah Sakit dr. Iskak merupakan rumah sakit regional di Jawa Timur bagian selatan. Disamping itu, bagi penderita suspect Corona, RSUD juga telah menyiapkan ruangan khusus atau isolasi bagi penderita penyakit menular atau virus Corona.

Langkah yang diambil pihak RS adalah akan melakukan observasi terhadap pasien yang terduga terjangkit virus Corona. Dan pihaknya akan melakukan uji laboratorium di Kemenkes terhadap penderita terduga virus Corona dengan mengambil sample lendir tenggorokan.

“Dengan adanya terduga penderita suspect Corona, Direktur RSUD menghimbau kepada masyarakat Tulungagung untuk tidak panik dan gegabah terhadap terduga penderita virus Corona,” terangnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, pihaknya akan terus menghimbau kepada masyarakat agar hidup sehat serta memahami etika hidup sehat.

“Seperti batuk maupun penyakit kecil yang diindikasi menular. Dan jangan lupa, sebelum masuk rumah harus cuci tangan dengan sabun agar terhindar dari virus atau bakteri,” jelasnya.

RSUD dr. Iskak akan terus memantau perkembangan pasien terduga penderita virus Corona sambil menunggu hasil laboratorium dari Kemenkes.

Disinggung terkait pembiayaan terhadap penderita Corona, dr. Supriyanto mengatakan, apapun penyakitnya, pihak RSUD dr. Iskak siap menampung pasien, berobat dulu, sehingga tidak dibebani biaya. (gus/fif/har).