Pedagang Pasar Bendo Mulai Menempati Kios Baru Sesuai Zonasi

oleh -47 views

SURYA RADIO KEDIRI – Pembangunan pasar bendo sudah rampung, seluruh pedagang Pasar Bendo sejak minggu ini mulai berpindah dari tempat penampungan pedagang sementara (TPPS) ke lokasi yang baru di kios dan stand di pasar Bendo.

Hal ini merupakan masa transisi dan pedagang mengikuti aturan per zonasi sesuai jenis daganganya. Zonasi ini terbagi dalam beberapa lapak sesuai dengan jenis daganganya. Karena masih enam bulan masa pemeliharaan dan pedagang mengikuti prosedur dan ikut memelihara kondisi pasar.

Drh. Tutik Purwaningsih Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Kediri mengatakan pembangunan dan renovasi pasar sudah selesai dibangun. Karenanya perlu dilakukan evaluasi untuk langkah selanjutnya dan diharapkan pedagang bisa konsisten dengan menjaga kebersihan lingkungan pasar.

“Kita harapkan semua pedagang sesuai data yang ada bisa memberikan kontribusi terhadap pasar dengan menjaga kebersihan pasar dan semua pedagang masuk tanpa ada yang berdagang di depan pintu masuk pasar. Jika peraturan dilanggar akan ada sanksi tersendiri dan ini sebagai bentuk perhatian ke pedagang untuk bisa tertib,” kata dia.

Ditambahkan Tutik pembangunan pasar Bendo ini dilaksanakan selama satu tahun dengan dua tahap. Sementara 14 pasar di Kabupaten Kediri yang akan direvitalisasi pada tahun 2020 ini ada 4 yakni  Pasar Gringing, Pasar Kras,bPasar Tiron, Pasar Gurah dan Pasar Ngadiluwih.

“Yang sudah direvitaliasi dan sedang berjalan adalah pasar Kras dan Pasar Gringging. Kita lalukan revitalisasi secara bertahap karena kondisi konstruksi pasar sudah tidak lagi sesuai dengan konstruksi bangunan saat ini dan waktunya direvitalisasi,” pungkasnya.(adv/kominfo/nar)