Kampung Tangguh Semeru Di Tulungagung Satu Satunya Di Indonesia Yang Sediakan Layanan Pos Digital

oleh -542 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Dirlantas Polda Jatim, Kompol. Budi Indra Dermawan bersama Ditlantas mengunjungi kampung tangguh semeru di Desa Bolorejo Kecamatan Kauman Tulungagung, Minggu (31/5/2020).

Dalam kunjungannya, Kompol. Budi bersama Ditlantas, Kapolres Tulungagung AKBP. E.G. Pandia didampingi PJU Polres Tulungagung meninjau beberapa fasilitas yang ada di Desa Bolo. Diantaranya adalah, Fasilitas umum seperti ruang karantina mandiri, dapur umum, lumbung pangan dan bank sampah.

“Kampung tangguh semeru di Tulunggaung merupakan satu-satunya di Indonesia yang menyediakan layanan pos ditgital,” ucap Dirlantas Polda Jatim, Kompol Budi Indra Dermawan, Mingu (31/5/2020).

Selain berkunjung di Desa Bolorejo sebagai kampung tangguh semeru, pihaknya juga berinteraksi dengan warga sekitar terkait efektivitas dan manfaat kampung tangguh semeru. Dan pihaknya juga memberikan apresiasi kampung tangguh yang ada di Kabupaten Tulungagung. Sebagai salah satu upaya kolaborasi dari pihak Kepolisian dengan stakeholder dalam penanganan dan meminimalkan penyebaran Covid – 19.

“Kami juga meresmikan pos layanan digital, dan ini satu-satunya kampung tangguh yang memiliki pos digital di Jawa Timur, bahkan di Indonesia,” ungkap Dirlantas Budi.

Ia juga menyampaikan, hal ini dapat memudahkan masyarakat dalam berinteraksi dengan pihak Kepoisian. Dan dapat menjadi contoh kampung-kampung lain dalam pencegahan penyebaran Covid – 19.

Kompol Budi berharap, supaya warga masyarakat menudukung kampung tangguh dan berkomitmen bersama-sama dalam memutus mata rantai penyebaran Covid – 19 dengan cara mentaati protokol kesehatan yang berlaku dalam menghadapi new normal.

Sementara itu, kapolres Tulungagung, AKBP.E.G. Pandia mengatakan, secara gamblang tentang mekanisme maupun langkah-langkah strategis pencegahan Covid-19 berikut fasilitas umum penunjang yang disediakan di lokasi kampung tangguh tersebut.
“Setiap warga yang masuk kawasan kampung tangguh wajib mengikuti sejumlah prosedur kesehatan,” ucap Kapolres Pandia, Minguu (31/5/2020).

Ia juga menyampaikan, seperti check point berupa pemeriksaan suhu tubuh, penyemprotan kendaraan, kewajiban mengenakan masker serta penerapan social distancing maupun physical distancing secara ketat.

“Ditulungagung, setiap Kecamatan minimal ada 2 Desa yang kita buat kampung tangguh semeru. Nanti, kedepan kita akan upayakan di setiap Kecamatan minimal ada 5 kampung tangguh semeru. Sehingga, benar-benar bisa membawa manfaat bagi masyarakat dan mampu menekan pandemi covid-19, khususnya di Kabupaten Tulungagung,” tandasnya.(gus/fif)