Selama Pandemi Covid-19, 4 Orang Dokter dan 30 Orang Paramedis Tertular Covid

oleh -34 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Berdasarkan catatan Dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung, tenaga medis yang tertular Covid-19 selama pandemi sebanyak 34 orang. Hal tersebut diungkapkan oleh kepala Dinas Kesehatan Tulungagung.

“Dokternya 4 orang, paramedis 30 orang,” ucapnya Kadin Kes Tulungagung, dr. Kasil Rohmat, Jumat (26/6/2020).

Ia juga menjelaskan, dari jumlah itu, sebagian besar sudah sembuh dan beraktivitas seperti biasa. Cuma ada beberapa petugas medis yang sakit, namun kondisinya cenderung membaik.

Selama 24 jam, dokter hanya beberapa menit bersama pasien, sedangkan paramedis menemani pasien selama 24 jam. Seperti perawat, Bidan, Apoteker dan Tenaga gizi.

Untuk perbandingan, tenaga medis yang tertular lebih banyak yang berasal dari RSUD dr. Iskak jika dibandingkan dengan petugas medis dari Puskesmas.

“Dinas Kesehatan Tulungagung berkomitmen untuk menjaga kesehatan tenaga medis, agar tidak tertular covid 19. Melalui program PPI (Pencegahan Penyakit Infeksius),” terang Kasil Rohmat.

Dalam program PPI tersebut, lanjut Rohmat, ada standard dan prosedur penanganan setiap penyakit menular. SOP Covid 19 berbeda dengan SOP HIV AIDS. Namun, pihaknya hanya menyediakan APD untuk perlindungan tenaga medis.

“Untuk tenaga kesehatan yang tertular Covid 19, akan dipenuhi kebutuhan gizi mereka dengan maksimal. Selain itu, pemerintah juga telah memberikan jaminan kesehatanya berupa tambahan tunjangan yang saat ini sedang dilakukan pendataan. Kalau persisnya berapa saya tidak tahu,” tandas Kadin Kes Kasil Rohmat, (gus/fif)