Optimalkan Pemulihan Ekonomi Nasional Bank Mandiri Bersama Kadin Kota Kediri Tanda Tangani Nota Kesepahaman

oleh -52 views

SURYA RADIO KEDIRI – Sebagai bentuk komitmen untuk mengoptimalkan Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Bank Mandiri Area Kediri dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Kediri menandatangani nota kesepahaman untuk memberikan bantuan kredit dari Bank Mandiri kepada pelaku UKM di Kota Kediri, Jumat (14/08/2020).

Ketua Kadin Kota Kediri Drs.H.M. Solikhin mengatakan pemerintah pusat memiliki Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk bantuan pemberian kredit kepada UMKM. yang mendapatkan Program PEN ini adalah perbankan Milik BUMN dalam hal ini Bank Mandiri.

“Hari ini kami (Kadin Kota Kediri) menandatangani MoU dengan Bank Mandiri untuk Program Pemulihan Ekonomi Nasional yang akan diserahkan kepada UKM. Dalam MoU ini Kadin akan memfasilitasi seluruh UKM yang berada di kota kediri yang terdampak Covid, Insyaallah akan bisa mendapatkan bantuan kredit dari bank Mandiri” Kata Drs. Solikhin.

Dalam rangka membantu pelaku UMKM yang terdampak Covid, Kadin Kota Kediri juga akan menggandeng pemerintah daerah setempat dalam hal ini Pemerintah Kota Kediri, jika ada kesulitan para UKM yang membutuhkan bantuan dalam hal persyaratan pengajuan kredit.

“Contohnya jika ada UKM yang memiliki ijin yang masih kurang, untuk persyaratan pengajuan pinjaman, kami (Kadin Kota Kediri) akan mencoba memfasilitasi. karena dikota kediri untuk perijinan satu pintu. disini pengurusan SIUP dan lain-lain sangat mudah sekali. terkait hal itu kami akan selalu berkoordinasi dengan pemerintah kota dalam rangka membantu UKM yang terdampak Covid. darisinilah pemerintah akan selalu berupaya dalam masa pandemi ini UMKM tetap berkembang” papar Solikhin.

Disini Kadin Kota Kediri bertindak untuk mengumpukan data, selanjutnya akan diserahkan kepada Bank Madiri dan selanjutnya Petugas dari Bank Mandiri akan melakukan verivikasi kepada UKM yang mengajukan kredit.

Perlu diketahui untuk UMKM yang membutuhkan bantuan kredit, Bank Mandiri memiliki ketentuan sebagai berikut:

– Limit Kredit s/d 200 juta
– Suku bunga kredit 6% efektif pertahun
– Maksimal Usia 60 Tahun
– Sektor Usaha : IKM dan UMKM

Dengan Persyaratan Dokumen Pribadi :

– Fc Ktp Suami dan Istri / Surat Cerai
– Fc Kartu Keluarga
– Fc Buku Nikah atau SUrat Cerai
– Fc Rekening Koran / Tabungan (3 Bulan Terakhir)
– Photo 4 x 6
– Fc jaminan, Jika Limit 25 Juta

Untuk Persyaratan Dokumen Legalitas Usaha :

– Surat keterangan usaha dari kelurahan atau desa
– NPWP (untuk pengajuan di atas 50 juta)
– Fotokopi bukti pembayaran listrik atau PBB
– Rencana usaha

Untuk info lebih lanjut pelaku UKM yang membutuhkan bantuan bisa datang ke kantor Kadin Kota Kediri, JL Mayor Bismo, No. IIA, Kec. Kota, Kota Kediri, atau menghubungi sekretaris eksekutif Kadin Kota Kediri Ibu Eny dengan nomor telepon 081230628669.(tio)