Sempat Sembuh, 13 Orang Degan Gangguan Kejiwaan Kambuh Lagi

oleh -28 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Dinas kesehatan Tulungagung menemukan 13 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) diwilayah Kabupaten Tulungagung, Jumat (28/8/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Tulungagung, Kasil Rohmat melalui Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Didik Eka P mengatakan, ke 13 orang ini merupakan ODGJ yang 3 tahun lalu sempat dibebaskan dari pasung. Kemudian yang bersangkutan dikirim ke Rumah Sakit Jiwa Malang. Namun, setelah pulang, kondisinya tidak stabil, dan mengalami hal yang serupa. Dan kembali dipasung oleh pihak keluarganya.

“Mereka ini repasung semua. Artinya, kembali dipasung setelah sempat menjalani perawatan di RSJ,” ucap Didik, Jumat (28/8/2020).

Didik menjelaskan, tahun 2017 yang silam, melalui program bebas pasung, pihaknya membebaskan 59 ODGJ yang dipasung dan kirimkan ke rumah sakit jiwa di Malang.

Selama di rumah sakit jiwa, mereka mendapatkan perawatan dan di obati serta dikontrol kondisi kejiwaanya. Setelah dianggap bisa mandiri, mereka dikembalikan kepada keluarganya. Disayangkan, ke 13 dari mereka harus mengalami pemasungan kembali karena berbagai alasan.

“Ada yang keluargnya kurang memberikan dukungan, ada juga yang kembali kambuh dan membahayakan, dan beberapa faktor lainnya,” terangnya.

Lebih lanjut Didik menerangkan, dengan kondisi seperti ini, pihaknya mengambil langkah dan mengirimkan mereka kembali ke rumah sakit jiwa di Malang guna mendapatkan perawatan yang lebih ektra.

Sebelum dikirim ke rumah sakit jiwa, pihaknya memastikan ke 13 ODGJ ini harus negatif swab. Oleh karena itu, saat ini timnya sedang memaksimalkan waktu yang ada untuk melakukan pengambilan spesimen swab ke 13 ODGJ tersebut.

“Nah, aturaanya sekarang itu harus negatif hasil swabnya. Makanya sekarang tim sedang ke lapangan mengambil spesimen swab,” tandasnya, (gus/fif).