Penambahan 3 Orang Kasus Baru Dan 1 Orang Sembuh dari Covid-19

oleh -14 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Perkembangan Covid-19 di Kabupaten Tulungagung sampai dengan Jumat, (4/9/2020), tercatat 3 orang kasus baru dan 1 orang sembuh dari Covid-19. Dengan penambahan kasus baru tersebut, jumlah kasus Covid-19 di Kab. Tulungagung saat ini mencapai 298 orang.

“Dengan rincian, sembuh 272 orang, meninggal dunia 3 orang, dirawat 9 orang dan 14 orang diisolasi,” ucap wakil jubir gugus tugas covid-19 Tulungagung, Galih Nusantoro, Jumat (5/9/2020).

Ia juga menyampaikan, ke 3 kasus baru tersebut berasal dari Kecamatan Kauman (LKD, AM) dan Kecamatan Sumbergempol (NHY). LKD merupakan kontak erat kasus konfirmasi (anak) KPT (Release 3 September 2020).

LKD tinggal di rumah KPT bersama suaminya (AM). LKD diperiksa swab pada tanggal 2 September 2020 dan hasilnya dinyatakan positif Covid-19.

“Tim tracing melakukan Penyelidikan Epidemiologi (PE) lanjutan kasus konfirmasi KPT dan IRZ (Release 3 September) untuk menemukan sumber penularan,” jelas Galih.

IRZ adalah suami KPT yang berprofesi sebagai pramuniaga dan memilki faktor risiko bertemu dengan pekerja (Sales dan sopir) dari luar wilayah Kab. Tulungagung.

“Sebanyak 31 orang kontak erat (Sales dan sopir) kemudian dilakukan pemeriksaan swab,” terangnya.

Lebih lanjut Galih menjelaskan, AM juga merupakan kontak erat kasus konfirmasi (Menantu) KPT (Release 3
September 2020) dan sehari-hari tinggal di rumah KPT. Pada tanggal 20 Agustus 2020, AM berkunjung di rumah orang tuanya diwilayah Kecamatan Kauman selama 6 jam.

“Sebanyak 4 orang kontak erat di Kauman, lantas dilakukan pemeriksaan swab pada hari ini,”

Awalnya, NHY adalah pasien rawat jalan, kemudian ditemukan gejala
Pneumonia, sehingga masuk rumah sakit (Ranap) tanggal 2 september 2020 dengan gejala batuk, Pneumonia dan akral hangat. Pihak RSUD dr. Iskak melakukan pemeriksaan swab, dan hasilnya positif Covid-19.

“Tim tracing melakukan pemeriksaan swab terhadap 17 orang kontak erat terdiri dari anak, menantu dan cucu. Salah satu kontak erat dengan NHY, anak, yang memiliki riwayat perjalanan dari Lembang Bandung menjenguk pendidikan suaminya,” ungkap Galih.

Selain dilakukan pemeriksaan swab, ketujuh belas kontak erat juga dilakukan pemeriksaan terhadap RDT untuk mengetahui fakor risiko yang ada. Dari pemeriksaan RDT, sebanyak 2 orang reaktif RDT.

“1 cucu reaktif lgM-lgG yang kesehariannya tidur bersama NHY dan 1 anak reaktif lgG dengan riwayat perjalanan dari Lembang Bandung,” tandasnya.

Untuk angka kesembuhan di Kab. Tulungagung pada hari ini (4/9) yakni 91.2% (272/298). Adapun wilayah yang memiliki kasus belum sembuh, yakni Kecamatan Boyolangu 2 orang, Campurdarat 1 orang, Gondang 1 orang, Kedungwaru 9 orang, Ngantru 2 orang, Pakel 1 orang, Sumbergempol 1 orang, dan Tulungagung 6 orang.

Dengan adanya kasus baru yang bertambah, menandakan bahwa penularan Covid-19 masih ada. Oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk tetap waspada dan patuhi serta menjalankan protokol kesehatan dalam menjalani aktifitas sehari-hari, (gus/fif).