Jalan Penghubung Antar Kabupaten Longsor, Bupati Tulungagung Siapkan Anggaran 900 Juta

oleh -8 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Hujan deras yang mengguyur Desa Kradinan Kecamatan Pagerwojo kemarin mengakibatkan sebagian ruas jalanan longsor. Akibat tanah longsor ini, aktivitas warga terhambat kerena jalan tersebut merupakan jalan penghubung antar Kabupaten yang biasa dilalui angkutan umum. Sehingga Pemerintah Kabupaten Tulungagung segera merencanakan pembangunan jalan di wilayah tersebut.

Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, jalan tersebut merupakan jalan collector secondary. Arartinya, jalur tersebut bukan jalur utama, namun sering digunakan sebagai jalan alternatif masyarakat maupun angkutan umum.

Sesegera mungkin untuk menangani permasalahan ini. Terlebih, meski bukan jalanan utama, namun jalan tersebut merupakan jalan penghubung antar Kabupaten yang biasa dilalui oleh angkutan umum. mulai bus, truck dan lain-lain.

“Ketepatan longsornya kemaren. Dan kita juga ada dana PAK dan akan dilelang,” kata Bupati Tulungagung, Maryoto Birowo, Senin 14/9/2020).

Maryoto menjelaskan, pihaknya memperkirakan seminggu kedepan sudah bisa dilakukan pembangunan. Namun, untuk pembangunannya tidak akan merubah konstruksi jalan tersebut. Hanya saja pihaknya akan menambahkan tiang pancang serta palut.

“Kita akan menyiapkan anggarkan Rp 900 juta untuk pelaksanaan pembangunan,” (gus/fif).