Petugas Gabungan Gelar Sosialisasi Protokol Kesehatan,Bagi Yang Melanggar Ini Sanksinya

oleh -10 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Tim gabungan yang terdiri dari Polres Tulungagung, Kodim 0807/ Tulungagung, Satpol PP dan Dinas Perhubungan memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait penerapan Peraturan Gubernur (Pergub) nomer 53 tahun 2020 yang membahas tentang Penerapan Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Upaya pemerintah dalam menerapkan aturan penerapan protokol kesehatan rupanya tak main-main. Pasalnya, ketaatan warga masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan belum maksimal. Sehingga membuat pemerintah terus berupaya membuat aturan yang bisa memberikan efek jera kepada pelanggar protokol kesehatan.

Seperti yang dilakukan oleh Polres Tulungagung bersama dengan tim gabungan pada Senin (14/09) di simpang empat BTA Tulungagung.

Kasatlantas Polres Tulungagung AKP Aristianto Budi Sutrisno mengatakan, saat ini penerapan denda administrasi bagi pelanggar protokol kesehatan masih menunggu arahan dari pimpinan. Apapun sanksi yang dipedomani saat ini adalah sanksi kerja sosial. Seperti yang tertuang dalam Instruksi Presiden nomer 6 tahun 2020 dan peraturan Bupati tentang penegakan protokol kesehatan.

“Kalau untuk sanksi administrasi, kita tunggu arahan selanjutnya. Yang jelas, saat ini sanksi yang berlaku masih menjalankan kerja sosial. Untuk sanksi denda masih tahap sosialisasi,” ujar Aristianto saat ditemui usai lakukan sosialisasi, Senin (14/9/2020).

Sementara itu, Kabid Penegakan Perda dan Perbup Satpol PP Tulungagung Artistya Nindya Putra mengatakan, pihaknya selaku penegak hukum saat ini masih dalam tahap sosialisasi terhadap peraturan Gubernur tersebut.

Pihaknya juga belum bisa memastikan aturan tersebut akan diterapkan di Tulungagung atau tidak. Sebab, saat ini masih diperlukan peraturan Bupati untuk menjalankan peraturan gubernur tersebut.

“Ini masih tahap sosialisasi, kita tunggu revisi aturan dulu untuk implementasinya di Tulungagung,” ungkap Nindya Putra. (gus/fif).

.