Sebanyak 1.860 Aset Pemkab.Tulungagung, Hanya 40 Persen Yang Legal

oleh -57 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Aset yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Tulungagung saat ini tercatat sebanyak 1860. Namun, dari angka tersebut hanya 40 persennya saja yang merupakan aset legal.

Kabid Aset BPKAD Tulungagung Eko Heri Susanto mengatakan, total aset yang tercatat sebagai milik Kabupaten Tulungagung sebanyak 1860. Dari situ, yang sudah memiliki legalitas hukum berupa sertifikat hanya 40 persen dari total keseluruhan.

“Sisanya, hingga kini masih dilakukan inventarisir. Mana-mana yang perlu segera diurus legalitasnya. Seperti mengumpulkan berkas sebagai penunjang legalitas,” ucap Heri, Rabu (16/9/2020).

Pihaknya sendiri mengaku, progres yang diajukan setiap tahun sekitar 25-30 setiap tahun yang dianggarkan melalui APBD Pemkab Tulungagung. Dirinya mengaku sangat banyak kendala yang dialami, mulai dari status yang tidak jelas hingga dokumen belum lengkap.

“Tidak bisa dipungkiri bahwa zaman orde baru dulu banyak bangunan pemerintahan yang berdiri di tanah yang belum jelas. Maka dari itu, kini menjadi warisan yang mau tidak mau harus kita selesaikan meski tidak keseluruhan,” katanya.

Sementara itu, meski secara fisik bangunan-bangunan tersebut tidak dikuasai, namun secara yuridis formil, disitu ada berkas pengadaan ganti rugi. Sehingga pihaknya bisa mengacu bahwa, dulunya tanah tersebut pernah dibeli namun masih belum memiliki berkas yang lengkap. (gus/fif).