95 Persen Listrik Padam Di Akibatka Layang – Layang

oleh -11 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Seringnya terjadi pemadaman listrik mengakibatkan masyarakat maupun petugas PLN merasa kesal. Rupanya, pemadaman listrik tersebut 95 persennya disebabkan oleh layang-layang.

Gangguan dari layangan yang nyangkut dijaringan listrik PLN sudah terjadi sejak Juni-September. Akibatnya, 95 persen listrik padam diakibatkan layang-layang. Sedang 5 persennya disebabkan pohon dll.

Selama rentan waktu 4 bulan terakhir, tercatat sudah 20 lebih kasus listrik padam diakibatkan layang-layang. Yakni layangan gapangan yang menjadi salah satu faktor tersering yang mengakibatkan listrik padam.

Supervisor PLN Tulungagung Aji Prima mengaku, tiga jam pemadaman saja sudah membuang sebanyak 40.000 KWH. Seperti yang terjadi di pasar wage dua hari yang lalu. Menurutnya, kala itu pemadaman disana selama 5 jam. Akibatnya, sebanyak 13.254 pelanggan yang dirugikan.

“Ada tiga alat yang rusak akibat kejadian tersebut. Satuannya berkisar Rp. 300 ribu,” ungkap Aji saat ditemui dilokasi, Rabu (23/9/2020).

Meski begitu, pihaknya berharap agar layang-layang tidak terjatuh diarea travo. Pasalnya, jika itu terjadi, dikhawatirkan akan terbakar.

Untuk itu, pihaknya juga berharap agar masyarakat tidak bermain layang-layang utamanya layangan yang menggunakan aksesoris. Karena, layangan seperti itu dianggap berbahaya bagi aliran listrik jika layangan tersebut tersangkut ke aliran listrik. (gus/fif).