Jaring Siswa Berprestasi Dinas Pendidikan Gelar Lomba Bidang Non Akademis

oleh -32 views

SURYA RADIO KEDIRI – Guna menjaring siswa – siswi berprestasi di bidang non akademis yakni seni dan budaya, Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri menggelar Lomba Kreatifitas Siswa tingkat Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama. Dalam perlombaan tersebut masing – masing jenjang terdapat 4 kategori.

Untuk jenjang SD lomba kaligrafi, cipta dan baca puisi, gambar bercerita, ngripta dan baca geguritan. Sementara untuk jenjang SMP adalah lomba cipta dan baca puisi, kaligrafi, desain poster digital, dan lomba monolog drama tradisional.

Melalui kegiatan lomba kreatifitas siswa ini diharapkan dapat memunculkan bibit unggul di era digital dan milineal. Event ini pun menjadi momentum bagi anak muda untuk menyalurkan bakatnya, menyesuaikan dengan perkembangan zaman namun tidak meninggalkan kebudayaan.

Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terdapat perubahan sistem penjaringan pada lomba kali ini. Jika tahun lalu dilakukan secara tatap muka, namun karena saat ini terdapat wabah COVID-19, maka kegiatan lomba akan dilakukan dengan dua tahapan, yakni secara daring atau online untuk tahap pertama dan untuk tahap kedua dilakukan secara luring atau offline di kantor Dinas Pendidikan.

”Karena masih dalam masa pandemi maka kegiatan dilakukan dengan 2 tahapan yakni daring dan luring, tujuannya untuk menerapkan protokol kesehatan,” ucap Arif Fathoni Kasi Kesiswaan Dikdas Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri.

Arif Fathoni menambahkan, dengan adanya lomba ini diharapkan untuk jangka pendek para siswa dapat terwadahi di jalur prestasi. Sementara untuk jangka panjang, para siswa bisa investasi untuk berkolaborasi dengan dunia pariwisata.

“Ini adalah aset berharga untuk jangka panjang. Kualitas SDM yang baik dengan melahirkan bibit unggul khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif,” tambahnya.

Untuk diketahui, saat ini kegiatan lomba sedang berjalan dan pendaftaran dibuka sampai tanggal 26 September 2020. Adapun hasilnya akan diumumkan pada tanggal 6 Oktober 2020 untuk jenjang SD, sedangkan untuk jenjang SMP pada tanggal 8 Oktober 2020. Rencananya pada akhir Oktober nanti akan digelar tahapan offline di Kantor Dinas Pendidikan, bagi peserta yang lolos dalam 10 besar karya terbaik.(adv/komimfo/nar)