Bupati Tulungagung Serahkan 1000 Sertifikat Kepada Warga Desa Bangunjaya

oleh -72 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Bupati Tulungagung Maryoto Birowo membagikan 1000 sertifikat tanah kepada warga desa Bangunjaya Kecamatan Pakel. Penyerahan sertifikat dilaksanakan di Balai Desa Bangunjaya, Sabtu (17/10/2020).

Bupati Maryoto mengatakan, sertifikat ini sangat penting bagi masyarakat Tulungagung. Pasalnya, pengakuan hak atas tanah dibela sampai sedemikian rupa, ditambah prinsip orang jawa yang menekankan papan, sandang, serta pangan. Adapun papan berarti sebuah tempat, sehingga hal itu dirasa sangat penting.

“Pemkab akan membantu dana serta memfasilitasi Kepala Desa untuk disiapkan administrasinya,” ucap Maryoto, Sabtu (17/10/2020).

Bupatipun berharap masyarakat beramai-ramai untuk memiliki sertifikat dengan mengikuti PTSL. Pasalnya, dengan PTSL yang memiliki hak legal atas kepemilikan tanah yang akan memberikan proteksi bagi masyarakat Tulungagung.

Sementara itu, Kepala BPN Tulungagung, Eko Jauhari mengatakan, sertifikat di Tulungagung yang sudah selesai saat ini mencapai 13.393 buku tanah. Semuanya sudah tercetak dan sudah divalidasi dan dikirim ke aplikasi. Namun menurutnya, nantinya untuk penandatanganan sertifikat tersebut dilakukan menyusul.

Hal itu dikarenakan dengan jumlah 13 ribu, pihaknya harus melihat betul kelengkapannya. pihaknyapun mentargetkan pada 10 november sudah selesai. Serta pada akhir november semuanya sudah bisa dibagikan.

“Kita siapkan kepada Bupati 2000 sertifikat untuk penyerahannya kepada warga, serta Gubernur Jatim juga mau kesini lagi,” jelasnya.

Pihaknya mengaku, saat ini berada di peringkat 6 se jawa timur. Sebanyak 1000 sertifikat sudah disalurkan pada hari ini. (gus/fif).