Disbudparpora Kota Kediri Renovasi Museum Airlangga

oleh -43 views

Kediri – Pada awal masa pandemi Maret 2020 lalu hingga sekarang, Museum Airlangga Kota Kediri masih ditutup untuk umum. Penutupan ini dimaksudkan untuk mencegah penyebaran Covid -19. Pihak pengelolah pun memanfaatkan hal ini untuk memperbaiki sejumlah sarana fisik Museum Airlangga, sejak Juni 2020 lalu.

“Perbaikan mulai dilakukan sejak pertengahan bulan Juni 2020. Dilakukan renovasi karena kami harus berbenah dan kami mendapat anggaran alokasi khusus dari Kemendikbud pusat, yang khusus untuk menangani museum,” terang Endah Setiyowati selaku Kasi Sejarah dan Kepurbakalaan Disbudparpora Kota Kediri.

Perbaikan fisik menyasar pada pembenahan atap plafon gedung museum, pengecatan, rehab taman, perbaikan saluran hingga pembenahan fitrin dan dak koleksi (penyanggah tempat patung). Perbaikan prasarana fisik dijadwalkan selesai pertengan bulan September 2020.

“Anggaran DAK tidak boleh untuk pembelian aset. Bolehnya hanya untuk rehab saja,” kata perempuan yang sudah delapan tahun berdinas dikantor Disbudparpora Kota Kediri tersebut.

Endah Setiyowati menambahkan, benda koleksi yang dimiliki Museum Airlangga saat ini berjumlah 355 benda. Ratusan benda yang memiliki nilai historis itu, kini disimpan di dalam dua gedung.

Gedung klasik diperuntukan menyimpan sejenis benda purbakala berupa patung peninggalan masa kerajaan Kadiri. Sementara gedung etnografis difungsikan sebagai tempat penyimpanan benda jaman kolonial, berupa cikar, dokar, pun senjata pusaka keris. “Macam-macam koleksinya, ada yang masa kerajaan, kolonial, dan juga yang saat ini berusia 50 tahun masuk dalam cagar budaya. Kalau benda pusaka semacam keris kami tidak tahu masanya, ” cerita Endah Setiyowati.
Ratusan benda pusaka ini ditemukan di seputaran wilayah Kota dan Kabupaten Kediri. Benda benda ini kemudian disimpan di dalam museum. Tidak hanya sekadar disimpan, benda bersejarah ini ternyata membutuhkan perawatan khusus agar tidak mudah rusak. Agar benda patung purbakala menjadi awet dan tidak berjamur perlu diberikan cairan khsus. “Mestinya, patung kan ada perawatan khususnya. Menggunakan cairan khusus biasanya AC 322. (ADV/Nar)