Tambah Wawasan Membangun Skill Berbisnis ,Kadin MoU Dengan UNIK

oleh -29 views

SURYA RADIO KEDIRI- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kota Kediri menjalin kerja sama dengan Universitas Kediri (UNIK). Kerja sama tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara Ketua Kadin Kota Kediri Drs H M Solikhin dengan Rektor UNIK Ir Djoko Rahardjo MP bersama 6 kepala program studi, Kamis (12/11/2020).

Ketua Kadin Kota Kediri M Solikin kepada  mengatakan, kerja sama ini merupakan pengembangan program Kadin untuk merangkul perguruan tinggi dalam peduli pendidikan.

“Sebenarnya secara nasional, Kadin Indonesia sudah bekerja sama dengan perguruan tinggi swasta se-Indonesia guna menambah wawasan dan membangun skill berbisnis bagi mahasiswa. Karena misi akademisi juga ada dalam program Kadin,” kata Solikhin.

Menurut Pakde Sol, sapaan akrab ketua Kadin Kota Kediri, mahasiswa harus memiliki mindset menjadi pengusaha. Usaha apa pun sekarang memiliki banyak ruang dan Kadin siap membina. Apalagi, saat ini Kadin Kota Kediri bersama dengan BI dan Pemkot Kediri sedang mengembangkan UMKM supaya produknya bisa diekspor ke luar negeri.

“Dan kami sudah bekerja sama dengan diaspora untuk ekspor ala UMKM. Dan di Indonesia, Kediri adalah pertama yang melakukan ini,” imbuhnya.

Dalam waktu dekat ini,  Pakde Sol mengajak mahasiswa untuk terjun langsung menjadi pengusaha dan memamerkan produknya. “Buat saja sebuah pameran produk dan Kadin siap menjembatani,” tandasnya.

Sementara itu, ditemui seusai penandatanganan MoU Rektor UNIK Djoko Rahardjo mengaku senang bisa bekerja sama dengan Kadin Kota Kediri. Pasalnya, kerja sama ini sebagai upaya meningkatkan perguruan tinggi melalui kerja sama nasional atau International untuk menghasilkan SDM berkualitas.

“MOU ini sebagaia bagian penting dalam mengemban misi membekali sebanyak-banyaknya sehingga tercipta lulusan unggul, kompetitif dan berdaya saing International di tahun 2026,” kata dia.

Selain itu, kerja sama ini menjadi tolak ukur untuk mencapai keberhasilan. Diharapkan kerja sama ini saling mengisi saling memberi manfaat.

“UNIK sangat berharap kehadiran Kadin untuk mewujudkan alumni yang berdaya saing tinggi,” pungkas Djoko.(wg)