Bupati Kediri Apresiasi Tanaman Sayuran Yang Menerpkan Pola Tanaman Organik

oleh -60 views

SURYA RADIO KEDIRI- Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno mengapresiasi tanaman sayuran dan padi yang menerapkan pola tanaman organik. Dengan pola ini petani akan mengirit pupuk bersubsidi dan bisa membuat pupuk dari kompos karena pupuk jenis ini tidak berpestisida.

Selama ini pupuk bersubsidi dinilai banyak mengandung pestisida sehingga nantinya berpengaruh jangka panjang pada tubuh manusia. Pupuk alami akan lebih baik digunakan untuk pola tanaman organik yang saat ini dikembangkan di banyak wilayah di Kabupaten Kediri utamanya di wilayah Pare.

Bupati Kediri dr Hj Haryanti Sutrisno menyampaikan petani sayur dan padi organik sebaiknya terus dikembangkan dan inovasi. Semakin sering mengkonsumsi berbahan baku dari tanaman sayuran atau padi organik bisa mengurangi sakit dan semakin sehat. Sementara untuk pupuk ada alat tersendiri yang dibuat khusus petani organik

“Jadi nantinya tidak tergantung pada pupuk bersubsidi dan pemupukan tanaman organik dari pupuk yang diolah dengan alat tersendiri dan tidak perlu membeli dari China. Bahan di lingkungan kita sudah banyak seperti kotoran sapi kambing dan sayur limbah bisa dimanfaatkan untuk pupuk,” ujarnya.

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Kediri ini berencana membantu petani organik untuk memfasilitasi memiliki peralatan pupuk yang dibuat sendiri dan mandiri. Dimaksimalkan mengolah sendiri dan organik untuk petani muda dengan tanaman horti dan organik.

Anang Widodo Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan (Dispertabun) Kabupaten Kediri menyampaikan tanaman padi dan sayuran organik di Kabupaten Kediri saat ini banyak dikembangkanbaik untuk perorangan ataupun kelompok. Karenanya perlu pemberdayaan dan pembinaan yang berkelanjutan.

“Ada banyak petani sayur dan adi organik yang mulai serius mengembangkan hal ini dan kita lakukan pembinaan. Untuk hasil yang maksimal dan hasilnya sudah banyak dikunsumsi masyarakat di Kabupaten Kediri. Kita juga banyak menemui hasil sayur dan padi organik pertumbuhan terus menggembirakan,” katanya.(adv/kominfo/nar)