Tepati Janji, Mas Dhito Legalitaskan 1000 UMKM

oleh -12 views

SURYA RADIO KEDIRI – Sebanyak 1000 legalitas UMKM di Kabupaten Kediri diberikan oleh Calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana kepada para pelaku UMKM..

Pemberian secara simbolis 1000 legalitas UMKM merupakan janji calon Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramono dilaksanakan di salah satu rumah makan yang ada di Kota Kediri, Jumat (27/11/2020) sore.

Calon Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana mengatakan, delapan bulan terakhir saya selalu menyampaikan pentingnya legalitas UMKM. Alhamdulillah bisa direalisasikan secara simbolis dari 1200 UMKM yang sudah kita buatkan izin.

“Ini merupakan bagian dari merealisasikan apa yang telah kita sampaikan ke masyarakat, bahwa saya punya janji untuk membantu legalitasnya, “ungkap Dhito.

Ditambahkan Dhito, janji kita 1000 legalitas UMKM, tapi alhamdulilah perhari ini ada 1200 yang masuk. Sebenarnya permintaan terus meningkat, tetapi kita pilah pilah terlebih dulu, terkadang ada yang tidak memenuhi persyaratan untuk bisa mendapatkan legalitas.

“Kita tidak bicara langsung kepada tingkatan Nasional, kalau bicara masuk ketingkat Nasional lompatannya terlalu jauh,”imbuhnya.

Menurut Dhito, langkah pertama yang akan kita ambil mewajibkan seluruh pegawai Pemkab, pegawai PNS yang ada dilingkup Kabupaten Kediri untuk menggunakan produk UMKM. Mulai dari cemilan, baju, apapun yang berkaitan dengan UMKM, diwajibkan. Nanti kalau perlu kita akan mengadakan event-event tahunan untuk memperkuat UMKM.

“Biasanya setelah event-event itu motivasi dari pelaku UMKM akan meningkat, yang nantinya paling berkompeten akan kita siapkan untuk skala Nasional,”kata Dhito.

Selain itu, dengan adanya bandara internasional, dan banyaknya UMKM di Kabupaten Kediri, seperti jamur crispy, selai pisang setiap blusukan selalu saya mengicipi dan berbagai macan produk UMKM lainnya. Nantinya akan ada sentra UMKM yang dibangunkan baik itu di dalam bandara maupun di sekitaran Kabupaten Kediri.

“Supaya wisatawan yang datang ke Kabupaten Kediri, ada satu hal yang dinantikan bisa dibeli untuk dibawa pulang ke kotanya masing-masing,”tandasnya.(wg)