BKD Kabupaten Kediri Gelar Penilaian Kompetensi Pejabat Pengawas

oleh -17 views

SURYA RADIO KEDIRI- Sebagai upaya mendapatkan Aparat Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Kediri yang berkompeten di bidangnya, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kediri mengadakan Penilaian Kompetensi Pejabat Pengawas. Kegiatan digelar mulai Senin (30/11) dan akan berakhir Senin (7/12) mendatang.

Dr. Mohamad Solikin M.Ap mengatakan kegiatan ini diikuti 70 peserta dengan setiap harinya hanya diikuti 10 peserta. Untuk peserta, lanjutnya, dari seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dengan klasifikasi pejabat setingkat pengawas atau eselon IV. Sedangkan nara sumber dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur.

“Dengan adanya penilaian ini pejabat setingkat pengawas atau eselon IV ini memiliki kualitas yang lebih baik, berkompeten di bidangnya dan dilaksanakan secara daring. Harus dilakukan secara daring karena saat ini masih masa Pandemi Covid 19. Karenanya kita minta peserta dan panitia terapkan prokes ketat. Seperti pakai masker,sarung tangan karet, cuci tangan pakai sabun di air mengalir dan jaga jarak,” ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Banatil Mufidah STP kepala bidang (Kabid) Mutasi BKD Kabupaten Kediri, asesment kompetensi ini akan dilaksanakan bertahap dan kontinyu untuk semua pengawas dan ini penting untuk pemetaan jabatan. Jadi masing-masing pejabat yang bersangkutan bisa menempati jabatan sesuai kompetensi dan kinerjanya.

Ditambahkan Fida, output pemetaan profil kompetensi pengawas atau eselon IV di lingkup Pemkab Kediri sesuai standar kompetensi dan dalam pengembangan kompetensi pegawai yang bersangkutan dapat dijadikan bahan pertimbangan. Kedepanya bisa dijadikan pertimbangan untuk naik jabatan ke eselon III atau administrator.

“Untuk eselon III dan Eselon IV tinggal sedikit hingga membutuhkan regenerasi. Ketika pimpinan membutuhkan materi untuk peningkatan kompetensi pegawai, promosi dan naik jabatan kita sudah punya dasar dan ada bahan. Sehingga penempatanya sudah ada profil kompetensi dan kinerjanya,” katanya.

Dari penilaian kompetensi inilah posisi mereka bisa ditempatkan sesuai kemampuannya. Semua pegawai bisa dilakukan assessment dan bisa diketahui semua profil kompetensi dan kinerjanya mulai dari tingkat pelaksana sampai eselon II. Pola ini dilakukan secara bertahab dan penempatan pegawai sesuai bidangnya.

“Dalam kegiatan ini,kita terapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran dari tim Gugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid 19 Kabupaten Kediri. Jadi sebelum acara dimulai ruangan disemprot disinfektan demikian sesudah acara. Kita siapkan masker,sarung tangan plastik dan hand sanitizer.Ini upaya cegah tangkal penyebaran Covid 19,” ujarnya.(adv/Kominfo/nar)