Paguyuban Jaranan Apresiasi Giat Pertunjukan Virtual Seni dan Budaya Disbudparpora

oleh -21 views

SURYA RADIO KEDIRI  – Paguyuban kesenian jaranan Wahyu Krida Budaya Kota Kediri memberi apresiasi apa yang sudah dilakukan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Kediri untuk mengakomodir para pelaku seni agar  tetap eksis berkarya dimasa pandemi melalui pertunjukan virtual musik dan budaya.

Menurut keterangan M Dofir selaku ketua Paguyuban Jaranan Wahyu Krida Budaya. Pihaknya sangat berterima kasih, kepada Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas terkait, yang  telah memperhatikan nasib para pelaku seni.

” Saya banyak Terima kasih dari unsur Pemerintah dan intansi terkait. Dari pelaku seni kan juga ingin segera tampil sebenarnya, ” Katanya.

Lebih lanjut ia mengapresiasi program kegiatan yang sudah ada dan dilaksanakan sejak bulan November 2020 kemarin.

Dirinya sebagai ketua Paguyuban, telah diberi wewenang untuk menunjuk atau memilih grup  kesenian jaranan yang memang ia anggap layak  tampil secara virtual. Pemilihan tersebut ia lakukan secpara selektif. Jika grup jaranan  sudah tampil bagus, maka penonton yang menyaksikan secara virtual juga banyak.

Selain di pilih secara selektif, pertimbangan lainya anggota grup jaranan yang ditunjuk berdasarkan keterwakilan dari masing masing wilayah Kecamatan.

” Ini banyak yang komentar sama saya, pak Dofir saya ingin main. Banyak grup kesenian jaranan, saya sendiri sebagai ketua saya tampilkan benar bener yang layak, ” Terang M Dofir dikonfirmasi melalui ponselnya.

Masih kata M Dofir, sebelum ada kegiatan virtual musik dan budaya, selama pandemi para pelaku kesenian jaranan terpaksa harus kehilangan mata pencaharianya selama ini. Sebagai ketua paguyuban ia merasa ikut prihatin, melihat kondisi seperti itu. ” Saya sendiri punya usaha, saya ajak anak anak bekerja di Tepung dan selep bakso. Saya pribadi, mereka saya berdayakan, ” Ujarnya.

Sekedar diketahui selama dibentuk sejak tahun 2002 silam, Paguyuban kesenian jaranan wahyu Krida budaya saaat ini memiliki anggota lebih dari 100 grup jaranan. Seperti diberitakan sebelumnya, selama masa pandemi Disbudparpora telah mengakomodir pertunjukan seni dan budaya  yang disiarkan secara virtual.

Masyarakat bisa melihat secara langsung di akun youtube resmi Disbudparpora melalui chanel Kediri Tourism TV.

Selama program ini berjalan ternyata banyak mendapat respon positif dari masyarakat. Indikasi ini dapat dilihat dari jumlah penonton yang melihat melalui video streaming ternyata  mencapai belasan ribu. (nar/adv)