Dinkes Kabupaten Kediri Siapkan Program Vaksinasi Covid-19

oleh -11 views

SURYA RADIO KEDIRI-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kediri melakukan persiapan program vaksinasi COVID-19. Persiapan tersebut meliputi sumber daya manusia (SDM) untuk melakukan vaksinasi, sarana dan prasarana vaksinasi diantaranya genset, kulkas, dan sebagainya.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri dr. Bambang Triyono menuturkan, pihaknya tengah melatih dan mempersiapkan tenaga SDM untuk melakukan vaksinasi. Selain itu, Dinkes juga mempersiapkan tempat untuk vaksinasi.

“Selama ini yang dilakukan Dinkes adalah pelatihan tenaga dokter dan vaksinatoer oleh Dinkes Provinsi Jawa Timur. Kita buat mikro planning tempat vaksin di Kediri di rumah sakit pemerintah maupun puskesmas,” jelas dr. Bambang

Untuk pendataan penerima vaksin, imbuh Bambang, Dinkes melakukan koordinasi dengan BPJS. Karena tidak semua masyarakat dapat vaksin pada tahap pertama.

“Kami menunggu. Menyiapkan tempat palayanan. Data notifikasi ke masing-masing sasaran. Mereka dapat memilih mendapat pelayanan dimana,” tambahnya.

Dinkes menyiapkan fasilitas vaksinasi. Seperti di puskesmas, dipersiapkan tempat penyimpanan vaksin. Sebagaimana diketahui, setiap kota dan kabupaten telah menerima satu unit kulkas besar sebagai tempat penyimpanan vaksin.

“Tempat atau brankas vaksin ada. Semua kabupaten dan kota dapat bantuan dari Provinsi Jatim satu. Kulkas ada di puskesmas,satu besar,” tambah Bambang.

Dalam pelaksanaan vaksinasi tahap pertama nantinya, kata Bambang, menyasar masyarakat dalam rentang usia 18 hingga 58 tahun. Penyuntikan vaksin tetap menerapkan protokol kesehatan dengan berbagai batasan.

“Untuk jumlah SDM yang kita siapkan sesuai sarana. Teknisnya, mungkin dibatasi. Dalam sehari hanya melayani 2 sesi.Untuk15 orang dilayani 4 jam. Bukan jejer-jejer kemudian disuntik selesai. Satu orang bisa 15 menit,ada aturannya. Sehingga tidak butuh tenaga banyak,” lanjutnya.

Dinkes juga menyiagakan satu dokter dalam setiap rumah sakit untuk memantau berkaitan dengan gejala ikutan paska vaksin. Sementara itu, Bambang memastikan bahwa vaksin COVID-19 ini aman dan mengimbau masyarakat mempercayakan kepada Pemerintah yang sudah berbuat maksimal untuk masyarakat.

“Adanya vaksin ini memberi harapan kita semua. Berharap dengan vaksin kekebalan tubuh meningkat dan bisa memutus rantai penyebaran Covid-19. Keamanan kita percayakan kepada Pemerintah untuk memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutupnya.(adv/nar/Kominfo)