Antisipasi Gangguan Kamseltibcar Polres Tulungagung Bentuk Tim Cekal

oleh -16 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Untuk mengantisipasi gangguan Kamseltibcar Lantas,Satlantas Polres Tulungagung membetuk tim yang tergabung dalam Patroli CEKAL (Cegah Kecelakaan Lalu Lintas).

Tim Patroli Cekal yang terdiri dari 10 personel resmi dilaunching Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto hari ini,Selasa (22/12/2020) di halaman Mapolres Tulungagung.

Kapolres Tulungagung AKBP Handono seusai melaunching Patroli Cekal mengungkapkan ,
Saat ini pihaknya lebih mengedepankan upaya Preventif Strike,atau upaya pencegahan yang lebih di utamakan daripada penegakan hukum,namun upaya penegakan hukum tetap di berlakukan sebagai upaya terakhir atau ultimum remidium.

“Kita utamakan upaya pencegahan daripada upaya penegakan hukum karena upaya penegakan hukum sebagai upaya terakhir,”ungkap Kapolres.

Kapolres berharap dengan adanya Patroli Cekal ini bisa menekan angka kecelakaan.

“Tentunya kami berharap angka kecelakaan di Tulungagung bisa kita tekan seminim mungkin,” tambahnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Tulungagung AKP Aristianto Budi Sutrisno menambahkan, Patroli CEKAL yang dibentuk Satlantas Polres Tulungagung ini bukan hanya sekedar melakukan Patroli di daerah rawan kecelakaan saja, namun juga melaksanakan pembubaran balap liar. Dalam melaksanakan tugasnya, personel dibekali tas Ransel khusus bertuliskan Cegah Covid -19 yang dilengkapi masker untuk di berikan bagi masyarakat yang tidak menggunakan masker.

Mengingat saat ini jumlah angka terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Tulungagung terus mengalami peningkatan dikarenakan tingkat kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan semakin menurun.

“Patroli CEKAL ini selain mobile di daerah rawan kecelakaan dan membubarkan balap liar juga bertugas sebagai stimulus mengingatkan masyarakat untuk taat kepada protokol kesehatan terutama menggunakan masker,” ujar Aris.

Sekaligus dengan dibentuknya Patroli CEKAL ini adalah dalam rangka mendukung pelaksanaan Operasi Lilin Semeru 2020 yang dimulai dari (21/12/2020) sampai (04/01/2021).

Disinggung adanya beberapa pengaduan masyarakat secara langsung maupun melalui medsos terkait masih adanya balap liar di sejumlah titik wilayah Tulungagung, Kasat Lantas siap melakukan penindakan.

“Kita langsung merespon setiap ada pengaduan dari masyarakat jika ada kegiatan balap liar.

Tentunya akan kita lakukan patroli rutin pada titik-titik yang dianggap sering dijadikan ajang balap liar karena itu berpotensi terjadinya kecelakaan,” pungkas Aris.(gus/fif)