Kurun Satu Tahun 2020,Kasus Laka Lantas Mengalami Penurunan

oleh -16 views

Kinerja Polres Tulungagung Dalam Kurun Waktu 1 Tahun.

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Selama kurun waktu 1 tahun, Polres Tulungagung berhasil mengungkap dan menyelesaikan 443 kasus kriminal umum. Jumlah ini mengalami penurunan 1 persen dibanding tahun 2019. Dimana ada 448 kasus yang ditangani, dan 329 kasus yang terselesaikan.

“Alhamdulillah, tahun 2020 lebih baik daripada tahun 2019. Tentunya hal ini menjadi prestasi tersendiri bagi anggota Polres Tulungagung yang dapat menekan angka kriminalitas di Kab. Tulungagung,” ucap Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto saat menyampaikan Pers Anev di Lobi Polres Tulungagung , Selasa (29/12/2020).

Handono menyampaikan, dari jumlah kasus tersebut, sebanyak 227 pelaku telah diamankan. Sedangkan untuk kasus yang menonjol, terdapat beberapa kasus yang menjadi perhatian khusus anggota Polres Tulungagung.

“Salah satu kasus yang menonjol yakni pengungkapan pembunuhan di Ngunut dan Bandung,” terangnya.

Kasus menonjol lainnya antara lain, maraknya pencurian motor, penipuan roda empat dan pengeroyokan yang mengakibatkan meninggal dunia di Sendang. Serta yang tak kalah menonjol, yakni pencurian uang dengan modus menggembos ban di Boyolangu.

“Itu beberapa kasus yang menonjol selama tahun ini,” ungkapnya.

Sedangkan untuk kasus narkoba, Kapolres menjelaskan, ada peningkatan dari kasus tahun sebelumnya. Jumlah kasus tersebut mengalami peningkatan sebanyak 16 persen.

“Untuk tahun ini kami berhasil mengungkap sebanyak 159 kasus dengan menangkap 220 tersangka. Baik bandar, pengedar, maupun pengguna narkoba. Sedangkan tahun 2019 kita berhasil mengungkap 136 kasus,” katanya.

Sementara itu, untuk kasus laka lantas sendiri di tahun ini terjadi penurunan yang signifikan, yakni sekitar 14% dibanding tahun 2019.

Penurunan tersebut juga dipicu dengan keadaan pandemi Covid-19 yang melanda di tahun ini.

“Karena kita juga menggalakkan operasi yustisi, jadi untuk tahun ini terjadi 906 kecelakaan, dengan korban meninggal dunia 130, luka berat 6 orang, dan luka ringan 1.491. Sedangkan di tahun 2019, terjadi 1.061 kejadian kecelakaan,” terangnya.

Kegiatan rutin press release anev tahunan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Tulungagung AKBP Handono Subiakto, dihadiri oleh Wakapolres Tulungagung Kompol Yhogi Hadisetiawan, PJU dan Perwira Polres Tulungagung. Dalam kesempatan tersebut, Handono menjelaskan, konferensi pers merupakan wujud pertanggung jawaban Polri kepada masyarakat dalam menciptakan harkamtibmas selama satu tahun. (gus/fif).