Ada Perubahan Sistem,Gaji ASN Terlambat

oleh -14 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG- Pada penghujung tahun 2020, Sekda Kabupaten Tulungagung mengeluarkan surat pemberitahuan tentang Pergeseran Penerimaan Gaji dan TPP ASN Bulan Januari 2021.

Dalam pemberitahuan tersebut disampaikan pergeseran penerimaan gaji dan Tunjangan Pokok Pegawai (TPP) untuk ASN bulan Januari 2021. Yang kemungkinan baru akan diterima oleh seluruh ASN pada tanggal 4 hingga 15 Januari 2021.

Dikonfirmasi lewat telepon mengenai hal ini Kepala BPKAD Kabupaten Tulungagung, Johanes Bagus Kuncoro membenarkan terkait adanya perubahan sistem ke Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD).

Sehingga membuat penerimaan gaji ASN bulan Januari ini menjadi terlambat. “Benar, karena ada perubahan sistem dari yang lama ke yang baru itu,” ujarnya.Senin (4/01/2021)

Penerapan sistem ini sesuai dengan amanat Permendagri nomer 70 tahun 2019 tentang Sistem Informasi Pemerintah Daerah. Kemudian untuk melaksanakan hal tersebut perlu berbagai persiapan. Termasuk melengkapi data yang dibutuhkan dan memastikan integrasi data dengan bank Jatim.

Bagus menyebut, sepanjang libur tahun baru kemarin pihaknya bersama dengan sejumlah SKPD di Tulungagung memilih untuk tetap memasukkan sebagian ASN nya untuk melengkapi data yang dibutuhkan.

“Kami tetap lembur, untuk memasukkan data ini. Karena sekarang kan sistem baru jadi dibutuhkan tambahan NIK dan NPWP pegawai,” terangnya.

Berdasarkan pantauannya, sampai saat ini sudah ada 39 SKPD yang telah menyelesaikan input datanya. Dari lebih kurang 50 SKPD yang ada di Kabupaten Tulungagung.

Setiap hari kita pantau dari rumah , sekrang ada 39 itu, dari 50 SKPD yang ada di Tulungagung,” jelasnya .

Pihaknya belum bisa memastikan pencairan dilakukan di tanggal berapa. Sebab setelah data NIK dan NPWP selesai ditambahkan di masing-masing SKPD.

Kemudian data tersebut akan diintegrasikan dengan pihak Bank Jatim. Untuk memastikan nama, nomor rekening hingga potongan dan tanggungan yang dimiliki oleh yang bersangkutan.

“Untuk tanggalnya belum dipastikan ya. Itu antara tanggal 4 sampai tanggal 15 Januari itu,” pungkasnya.(gus/fif)