Beredar Informasi Tak Ada Penerimaan CPNS, Guru GTT Tulungagung Kebingungan

oleh -7 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Beredarnya informasi tentang tidak adanya formasi guru untuk penerimaan CPNS tahun 2021, membuat sejumlah Guru Tidak Tetap (GTT) di Tulungagung kebingungan.

Pasalnya keinginan mereka untuk mendapatkan penghidupan yang layak sebagai seorang guru berstatus PNS, bakal tidak terwujud.

Hal ini diungkapkan oleh Kabid Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Tulungagung, Adi Suselo Selasa (5/01/2021).

Walaupun belum ada surat resmi mengenai informasi tersebut, namun pihaknya memaklumi jika informasi tersebut bisa membuat resah dan mematahkan mental sejumlah GTT.

Adi menyebut, kondisi ini dipicu oleh pendapatan perbulan yang diterima GTT di Tulungagung selama ini memang belum layak, walaupun Pemkab sudah memberikan insentif dalam jumlah yang tidak banyak.

Adi menjelaskan, kalaupun Pemerintah Pusat tidak memasukkan formasi guru dalam CPNS tahun 2021 nantinya, GTT masih bisa memanfaatkan seleksi penerimaan P3K di tahun 2021 mendatang.

“Bedanya cuman di tunjangan pensiunan, selebihnya sama dengan PNS, sebenarnya untuk pensiunan itu bisa diakali dengan ikut program jaminan hari tua milik BPJs Ketenagakerjaan atau ikut asuransi,” jelasnya.

Adi menyebut, untuk penerimaan P3K formasi Guru di tahun 2021 ini pihaknya mengajukan 2000 formasi, terdiri dari 1800 Guru SD dan 200 untuk formasi Guru SMP.

Namun dari 2000 usulan tersebut, pihaknya belum bisa memastikan berapa jumlah yang akan disetujui oleh Kemenpan RB.

“Belum tentu berapa jumlah yang akan disetujui dalam formasinya, nanti kita tunggu jukla juknisnya,” pungkasnya.(gus/fif)