Kabupaten Tulungagung Waktu Dekat Akan Vaksinasi Tahap Pertama

oleh -8 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG- Kabupaten Tulungagung dalam waktu dekat ini dipastikan sudah akan melakukan vaksinasi Covid-19 tahap pertama.

Nantinya vaksinasi tersebut dilakukan secara simbolis, menyusul perintah dari pemerintah pusat yang nantinya juga akan melakukan vaksinasi terlebih dahulu yang juga dilakukan secara simbolis.

Hal tersebut terungkap saat rapat koordinasi vaksinasi yang dipimpin oleh Kementrian dalam Negeri (Kemendagri) dan diikuti oleh seluruh kepala daerah di tingkat provinsi, kabupaten/kota dan juga dinas terkait yakni Dinas Kesehatan secara virtual pada, Selasa (5/1).

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung, dr. Kasil Rokhmad mengungkapkan, dalam rapat koordinasi tersebut Intinya ada dua hal. Pertama nantinya akan ada vaksinasi yang dilakukan dalam waktu dekat ini, dan yang kedua meskipun sudah ada vaksinasi namun protokol kesehatan tetap dilakukan. Pasalnya, vaksinasi adalah satu cara untuk menanggulangi Covid-19, sehingga masyarakat harus tetap menerapkan prokes agar penularan sepenuhnya bisa terputus.

“Vaksinasi dilakukan secars simbolis dilakukam oleh presiden dan tokoh-tokoh lain di Jakarta pada tanggal 13 Januari 2021. Dimana satu hari setelahnya, vaksinasi dilakukan oleh daerah juga secara simbolis. Rencananya di Tulungagung akan dilakukan vaksinasi pada tanggal 15 Januari 2021. Namun itu masih rencana karena kami masih memerlukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait,” jelas dr. Kasil, Selasa (5/1).

Lanjut dr. Kasil, dikarenakan vaksinasi di Tulungagung nantinya juga simbolis. Maka yang jelas perwakilan dari unsur kepala daerah, birokrat dan tenaga kesehatan yang lebih dulu melakukan vaksinasi. Menurutnya, untuk tahap pertama vaksinasi, vaksin didapat dari indofarma yang bekerjasama dengan sinovac. Dimana kemarin beberapa vaksin juga sempat dikirim ke Jawa Timur.

Menurutnya hal itu merupakan pengiriman tahap pertama, sehingga nantinya akan ada pengiriman-pengiriman berikutnya.

“Nantinyakan vaksinasi tidak hanya dilakukan satu kali. Ada beberapa tahap. Seperti vaksin yang tahap pertama ini nanti Bupati masih belum akan divaksin karena umurnya. Jadi nanti akan ada vaksinasi tahap kedua dimana pada vaksinasi tersebut aman digunakan untuk yang berumur 50 tahun keatas dan balita.Kemungkinan minggu ini vaksin bisa diambil,” bebernya.

Disinggung terkait berapa jumlah vaksin yang akan diterima Tulungagung, pihaknya mengaku belum bisa memastikan jumlahnya secara pasti. Namun pihaknya memastikan vaksinasi tersebut dilakukan secara gratis.

Meski begitu, dr. Kasil mengaku tidak mengetahui bagaimana format anggaran terhadap vaksinasi tersebut. Dengan begitu pihaknya juga masih menunggu perintah lebih lanjut dari pusat.

“Intinya, bagi masyarakat yang sudah memenuhi kriteria dan sudah terdaftar. Sudah dipastikan akan mendapatkan vaksin secara gratis. Untuk kriteria sebenarnya kita belum menerima petunjuk teknisnya dari kemenkes. Tetapi bocoran yang kami dengar terkait kriteria vaksinasi tahap pertama itu seperti usia, ada kriteria bebas komorbit, wanita hamil. Itu di exclude dari penerima vaksin,” ungkap dr. Kasil.

Nantinya, Pemkab akan membentuk organisasi tim vaksinasi Kabupaten Tulungagung yang ditangani oleh Bupati. Kemudian langkah teknis yang diambil meskipun tim tersebut belum terbentuk. Dinas kesehatan akan mengorganisir faskes yang mampu dalam melakukan vaksinasi tentunya beserta SDMnya sudah dilakukan pelatihan beberapa kali.

“Baik RSUD dan semua puskesmas akan digerakkan. Tetapi kalau itu kurang kita juga akan melibatkan rumah sakit swasta untuk melakukan vaksinasi,” pungkasnya.(gus/fif)