Ngaku Anggota Polisi, Pemuda Pengangguran Lakukan Penipuan

oleh -3 views

SURYA RADIO KEDIRI- Singgih Purnomo (36) warga Dusun Mulyorejo Desa Kampung Baru Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri diamankan petugas unit Resmob Polres Kediri, Rabu (13/1/2021).

Pria pengangguran itu ditangkap lantaran telah melakukan tindak penipuan dan penggelapan terhadap korban Shinta Yulia Sari (25) ibu rumah tangga warga Desa Tirulor Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri.

Kapolres Kediri AKBP Lukman Cahyono S.I.K melalui Kasat Reskrim Polres Kediri AKP Gilang Akbar menuturkan awal mula kejadian kasus penipuan itu.

Awalnya, Sabtu (17/10/2020), sekitar pukul 15.00 WIB, pelaku bertamu dirumah korban membicarakan jual beli sepeda motor dengan maksud korban akan ditukar sepeda motor pelaku merk Scoppy.

“Pelaku mendatangi korban untuk jual beli sepeda motor. Setelah berhasil merayu korban pelaku ini, meminta untuk sepeda motor korban akan dibawa dulu oleh pelaku bersama surat STNK nya dengan alasan istri pelaku tertarik sepeda motor milik korban,” tutur AKP Gilang.

Lantaran korban percaya terhadap pelaku, lanjut dikatakan AKP Gilang, korban menyerahkan sepeda motornya kepada pelaku. Setelah ditunggu lama korban menunggu lama pelaku tidak membawa sepeda motor yang diinginkan korban.

Namun, pelaku sekitar satu Minggu mendatangi korban dengan menjanjikan pekerjaan. Untuk masuk dalam pekerjaan itu korban mempunyai syarat menyerahkan uang sebesar Rp 7 juta. Dalam menyakinkan korban, pelaku mengaku sebagai anggota Buser Polres Kediri.

“Modus pelaku ini mengaku sebagai ketua Buser, agar korban percaya,”ucap AKP Gilang.

Lanjut dikatakan AKP Gilang, korban kemudian muncul kecurigaan terhadap pelaku. Karena, janji pelaku kepada korban tidak terpenuhi. Korban merasa curiga karena sepeda motor dan janji pekerjaan tidak dipenuhi oleh pelaku.

Merasa tertipu korban kemudian melapor ke pihak kepolisian.”Setelah menerima laporan dari korban tim Resmob Polres Kediri langsung melakukan serangkaian penyelidikan. Akhirnya pelaku yang mengaku Buser ini diamankan di wilayah Kota Kediri,”jelas AKP Gilang.

Masih kata AKP Gilang, dari pengakuan pelaku. Ia menjadi Buser gadungan telah berhasil menipu orang beberapa kali. “Pengakuan pelaku tiga kali. Kami menduga pelaku ini melakukan aksinya dibeberapa tempat lainnya. Untuk saat ini pelaku masih dimintai keterangan,” ungkap AKP Gilang.(tg)