Satgas Covid-19 Bubarkan Kerumunan Massa Di Salah Satu Bank Di Tulungagung, Ini Penyebabnya

oleh -5 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung pada, Senin (18/1) melakukan penertiban di salah satu bank di Tulungagung yang berlokasi di jalan diponegoro.

Pasalnya, pada bank tersebut terpantau banyak sekali kerumunan dimana sempat mengabaikan protokol kesehatan (prokes) physical distancing.

Wakil Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro mengatakan, ditempat tersebut sudah sejak pukuk 07.00 WIB sudah banyak yang berkerumun dengan puncaknya pada pukul 08.00 WIB. Kerumunan tersebut juga sempat membuat kemacetan pada jalanan tersebut.

Menurut Galih, saat itu Satgas sempat melakukan upaya dengan menghubungi pihak bank. Namun dikarenakan saat itu tidak bisa tersambung. Pihaknya lantas langsung mendatangi bank tersebut untuk memberitahu jika tidak diperbolehkan adanya kerumunan.

“Memang tadi disana terpantau ramai sekali. Sangat padat berkumpul di halaman depan bank dan trotoar jalan. Bahkan para pengantar peserta juga memadati jalan sampai sempat membuat kemacetan,” kata Galih Nusantoro, Senin (18/1).

Menurut Galih, berdasarkan pengakuan pihak bank yang didapatnya. Pihak bank mengaku kepada Satgas jika kerumunan tersebut hanya sebatas peserta yang mengembalikan formulir pendaftaran karyawan baru. Namun secara mengejutkan, pernyataan berbeda justru didapat saat Tim Satgas menanyai salah satu peserta. Para peserta justru mengaku bahwa mereka hendak melakukan interview, mengingat para peserta sudah berseragam rapi dengan memakai setelah hitam putih. Dikarenakan saat itu banyak peserta yang hadir dan tidak menerapkan prokes physical distancing.

Maka pihaknya melakukan upaya dengan menghimbau agar tetap menerapkan prokes, serta memberikan teguran kepada pihak bank.

“Kita sarankan, karena alasan mereka hanya mengembalikan formulirkan bisa via online. Untuk informasinya juga pasti bisa lewat email segala macem. Diera yang serba modern ini manfaatkan apa yang ada aja,”

Dikonfirmasi terpisah, Person In Charge (PIC) Bank BCA Tulungagung, Tony Kalay saat ditanya terkait adanya pembubaran dari Satgas di kantornya. Pihaknya cenderung tidak mau menjawab pertanyaan awak media. Bahkan saat ditanya apakah mereka tahu bahwa ada larangan mengadakan kerumunan. Pihaknya juga tidak mau menanggapi hal itu.

Namun Tony menegaskan jika acara tersebut hanya pengumpulan berkas formulir pendaftaran.

“Saya belum bisa menjawab, itu cuma mengumpulkan berkas lamaran saja. Saya tidak bisa menjawab, yang jelas cuma itu saja kegiatannya dan ini sudah selesai,” jelas Tony.(gus/fif)