Ratusan Kilo Sampah Masker Masuk Ke TPA Pagerwojo

oleh -19 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Ratusan kilo sampah masker dari masyarakat masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Segawe Kecamatan Pagerwojo. Sampah masker ini berasal dari pemakaian keseharian masyarakat selama masa pandemi.

“Sampah masker yang dibuang masyarakat akhirnya masuk ke TPA. Bukan limbah medis dari fasilitas kesehatan,” ujar Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tulungagung, Edi Santoso Jumat (22/01)

Edi menambahkan, sampah masker sebenarnya termasuk limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3).
Namun selama ini tidak ada pengangkutan khusus sampah masker.

Masker yang dibuang masyarakat ke tempat sampah akhirnya masuk ke 75 Tempat Pembuangan Sementara (TPS), dan berakhir di TPA.

“Selama ini masyarakat juga tidak melakukan pemilahan sampah masker. Jadi dibuang bercampur dengan sampah lain,” sambung Edi.

Dikarenakan TPA Segawe tidak punya insenerator, sampah masker ini ditimbun seperti sampah-sampah lain.

DLH juga mengawasi dengan ketat, agar tidak ada yang memungut sampah masker medis. Sebab dikhawatirkan ada penyalahgunaan di masyarakat.”Ada komunitas pemulung di TPA, dan kami mengawasi dengan ketat. Jangan sampai mereka memungut masker yang sudah dibuang,” tutur Edi.

Edi juga menekankan para pemulung di TPA agar menggunakan alat pengaman.Mereka wajib memakai masker dan disarankan memakai sarung tangan. Selain itu DLH juga menyediakan fasilitas cuci tangan untuk para pemulung.(gus/fif)