Apel Gelar Pasukan Menindaklanjuti Instruksi Kemendagri

oleh -12 views

 

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) diwilayah Kabupaten Tulungagung dalam masa pandemi Covid 19 serta untuk memutus penyebaran Covid 19, Satgas Covid 19 melaksanakan apel gelar pasukan dihalaman Pemkab Tulungagung, Minggu (31/1/2021).

Digelarnya apel pasukan ini menindaklanjuti instruksi Menteri Dalam Negeri nomor 02 tahun 2021, dan keputusan Gubernur Jawa Timur nomor 188/34/KPTS/031/2021 tentang kegiatan masyarakat untuk mengendalikan penyebaran Covid 19, serta surat edaran Bupati Tulungagung nomor 360/177/602/2021 tentang perpanjangan pemberlakuan pembatasaan kegiatan masyarakat mulai 28 Januari 2021 sampai 8 Pebruari 2012.

Apel ini diikuti oleh TNI-Polri, Satpol PP, PMI dan instansi yang berperan aktif dalam penanganan covid-19 di Kabupten Tulungagung. Apel gelar pasukan ini dipimpin oleh Komandan Kodim 0807/Tulungagung, Letkol Inf. Mulyo Juanidi.

Dandim 0807/Tulungagung Letkol. Inf. Mulyo Junaidi mengatakan, tujuan apel ini untuk lebih mengintensifkan jalanya penerapan protokol kesehatan di tengah masyarakat, khususnya di wilayah Tulungagung.

“Kita tularkan kebiasaan (Protokol kesehatan) seperti memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun dan menjaga jarak,” ucap Dandim Mulyo Junaidi, Minggu (31/1/2021).

Ia juga menyampaikan, masih ada beberapa kelompok masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan, sehingga berpotensi menyebarkan Covid-19. Seperti penjual makanan dan minuman yang masih ditemukan kerumunan. Untuk itu, pihaknya bersama dengan instansi terkait terus melakukan operasi secara persuasif terhadap kelompok-kelompok ini.

“Dengan adanya ini, kita secara berkelanjutan mengingatkan kembali kepada masyarakat agar sadar protokol kesehatan,” tegas Dandim.

Sementara itu, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, penyebaran covid-19 di Tulungagung mulai terkendali. Tingkat kesembuhan di kota marmer ini mulai menunjukkan tren lebih tinggi dibanding angka positif Covid-19. Seperti data per Sabtu (30/1/21) kemarin, angka kesembuhan mencapai 52 parsen, dengan angka positif hanya 23 orang.

“Penyebaran Covid-19 ini terus ditekan. Sehingga nantinya masyarakat Tulungagung segera terbebas dari Covid-19,” terang Bupati Tulungagung Maryoto Birowo.

Usai melaksanakan apel gelar pasukan, Satgas Covid 19 Tulungagung membagikan masker kepada masyarakat di pasar Ngemplak dan di jalan Mayor Sujadi Kelurahan Jepun. (gus/fif)