Populasi Jarang, Bupati Tulungagung Larang Penebangan Pohon Sonokeling

oleh -12 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Audensi PPLH Mangkubumi dengan para pegiat lingkungan/FKH dengan Bupati Tulungagung berkaitan perlindungan pohon di tepi jalan (RTH) (5/02/2021).

Dari hasil pertemuan itu Bupati tidak akan menyetujui rencana penebangan Pohon Sonokeling dan pohon-pohon lainnya yang berada ditepi jalan yg jumlahnya ratusan kecuali pohon mau tumbang, mati/membahayakan pengguna jalan.

Bahkan bupati tidak mengetahui kalau pohon Sonokeling yang diwacanakan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk ditebang jumlahnya 124 pohon.

Bupati juga menyampaikan bahwa Sonokeling merupakan jenis pohon yang populasinya semakin sedikit dan berpotensi punah maka perlu dijaga serta dilestarikan.

Direktur PPLH Mangkubumi, Muhammad Ichwan mengapresiasi atas langkah Bupati Tulungagung tidak akan menyetujui penebangan ratusan pohon sonokeling di kawasan Ruang Terbuka Hijau. Pemda diminta segera susun Perda Perlindungan Pohon di ruang publik serta sgera menggenjot capaian RTH seluas 30% dari luas wilayah Tulungagung, dimana saat ini luas RTH masih 23%.

Saat ini populasi Sonokeling semakin menipis jumlahnya sehingga kita dorong Bupati keluarkan aturan Pemberhentian Penebangan Pohon Sonokeling yg tumbuh di areal pemda maupun kawasan hutan.(gus/fif)