Pemprov Jatim Resmikan Progarm Sekolah Berbasis COE

oleh -30 views

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Pemprov Jatim meresmikan Program Sekolah berbasis Center of Excelent (COE) di beberapa SMK di Jatim salah satunya SMKN 01 Pagerwojo Tulungagung.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Jawa Timur,Bupati Tulungagung,serta perwakilan kepala sekolah SMK di wilayah Tulungagung dan Trenggalek.

Emil Elestianto Dardak M.Si ,Wakil Gubernur Jatim mengatakan tujuan didirikan program COE yakni menjadikan sekolah berbasis SMK yang unggul karena 70 persen lulusan SMK orientasinya adalah bekerja.

SMKN 01 Pagerwojo ini merupakan sekolah terbaik dari 7 sekolah yang ada di wilayah selingkar wilis.

Berdasarkan perpres nomor 80 tahun 2019,Gubernur jatim memberikan peluang kepada lulusan SMK dengan jurusan hotel maupun pariwisata untuk mengembangkan kawasan wilayah khusunya di selingkar wilis.ujarnya” Rabu (17/02).

Emil menyebut dari 7 sekolah berbasis SMK yang menerapkan program CEO ,dari sisi lain ada 5 hotel yang disiapkan akan mampu memberikan daya saing terhadap kemajuan jawa timur.ujarnya

Diharapkan dengan didirikan program sekolah berbasis CEO agan menjadikan anak didik lebih berkembang pesat serta menumbuhkan karakter siswa di bidang pariwisata.pungkasnya”

Sementara secara terpisah Kepala SMKN 01 Pagerwojo, Tulungagung Tresno Wibowo, M.pd mengatakan dengan didirikan program CEO akan lebih mandiri untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Awal persiapan program sekolah CEO ini merupakan bentuk kerjasama (Ling and Map) dimana pihak sekolah harus melalukan hubungan kerjasama khusunya di bidang hospitality atau perhotelan.ujarnya

SMKN 01 Pagerwojo sudah melalukan kerjasama dengan 5 hotel salah satunya di luar kota yaitu kota pasuruan.

Selain itu tresno juga mengatakan saat ini SMKN Pagerwojo masih belum dijadikan sekolah BLUD dikarenakan masih belum lengkap dengan syarat syarat termasuk SDM dan manajement operasional.ujarny

Dalam waktu dekat SMK N 01 Pagerwojo akan melakukan koordinasi di internal sekolah apa saja yang harus dipersiapkan syarat menjadikan BLUD.pungkasnya.(gus/fif)