Penuhi Persyaratan, 4 Destinasi Wisata Tulungagung Mulai di Buka

oleh -20 views

.

SURYA RADIO TULUNGAGUNG – Pengelola tempat wisata buatan maupun alam bisa bernapas lega. Pasalnya, Satgas Covid 19 Kabupaten Tulungagung telah merekomendasikan 4 destinasi wisata yang ada di Kabupaten Tulungagung untuk beroperasi kembali. Salah satunya destinasi wisata Nakula park di Desa Kendalbulur Kecamatan Boyolangu.

Wakil Juru Bicara Satgas Covid Kabupaten Tulungagung, Galih Nusantoro mengatakan, permohonan izin pembukaan destinasi wisata kali ini melalui beberapa indikator. Yakni, tempat wisata harus memenuhi persyaratan yang banyak.

“Pengelola destinasi wisata harus memenuhi beberapa persyaratan. Yakni, pengaturan jam operasional pada tempat wisata yang dikelolanya,” ucap Galih Nusantoro, Senin (1/3/2021).

Ia juga menyampaikan, untuk jam operasional wisata buatan dibuka mulai jam 06.00 wib sampai dengan jam 12:00 WIB. Sedangkan untuk wisata alam dibuka mulai pukul 09.00 wib sampai dengan jam 16:00 wib.

“Untuk operasional destinasi wisata buatan, harus ada jeda 1 jam disiang hari. Sedangkan wisata alam dibuka antara jam 08:00 wib sampai jam 16:00,” terangnya.

Lebih lanjut Galih menjelaskan, hal ini bertujuan untuk mengurangi mobilitas pengunjung. Sehingga pengelola tempat wisata ada jeda terhadap jam operasional.

“Apabila ada tempat wisata yang buka pada malam hari, maka tempat wisata tersebut harus menyesuaikan jam malam yang sudah disepakati,” jelasnya.

Galih menghimbau dan mengingatkan kepada pengelola tempat wisata, jika pengelola wisata tersebut bandel, seperti pengunjungnya melepas masker, bergerombol, pengunjung sering berinteraksi secara padat, maka izinya akan pencabutan. (gus/fif).